Timnas Futsal Terancam Tak Dikirim Ke Sea Games 2017, Ini Kata Sekjen FFI

Rabu, 8 Februari 2017 14:13 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia mendapat arahan usai laga uji coba melawan Antam FC. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia mendapat arahan usai laga uji coba melawan Antam FC.

Rencana Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yang mendukung kebijakan pemerintah menjadi penyebab utama terancamnya Timnas Futsal mengikuti event Sea Games 2017. 

Pemerintah belum lama ini menyatakan hanya akan memberangkatkan atlet atau cabang olahraga yang berpotensi meraih medali pada Sea Games Kuala Lumpur mendatang.

Kebijakan itu pun terindikasi berdampak ke Timnas Futsal yang gagal berprestasi pada ajang Piala AFF 2016. Skuat Garuda bahkan tidak mampu lolos dari babak penyisihan.

Satlak Prima hanya akan memberangkatkan atlet maupun cabor yang berpotensi meraih medali.

Meski begitu, Sekjen FFI Edy Prasetyo mengatakan tidak ambil pusing soal terancamnya peluang Timnas Futsal untuk ikut serta pada gelaran Sea Games 2017 nanti. Menurutnya, hal itu merupakan kewenangan pemerintah yang diwakili oleh Satlak Prima.

"Soal itu, kalau berangkat kita oke, kalau tidak ya tidak apa-apa. Itu terserah mereka (Satlak Prima)," ujar Edy kepada INDOSPORT.

Timnas Futsal Indonesia bisa dibilang gagal total pada gelaran Piala AFF 2016 yang dimenangi oleh Thailand. Padahal sebelum kejuaraan tersebut diselenggarakan, Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan ditargetkan dapat meraih gelar juara.