Asian Games 2018

Makin Keren Usai Direnovasi, Ini Kabar Terbaru Pembangunan Stadion Utama GBK

Sabtu, 4 Maret 2017 21:32 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Peninjauan Venue Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK) dilakukan Penyelenggara Delegasi Teknis Asian Games 2018 bersama Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan panitia Penyelenggara Asian Games 2018 di Indonesia (INASGOC).

Lantas sudah sejauh mana progress renovasi stadion yang menjadi kebanggasn masyarakat Indonesia tersebut?

Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK), Gatot Tetuko yang didampingi oleh Manajer Proyek dari PT Adhi Karya mengungkapkan progres pembangunan Stadion Utama. Renovasi yang dilakukan untuk kawasan stadion utama direncanakan selesai sebelum Oktober 2017 mendatang.

"Rata-rata antara 30 sampe 40%, misalkan Istora dan lapangan sepakbola ABC itu sudah 40 persen. Beberapa venue akan selesai di awal Juni 2017," ujar Gatot saat meninjau langsung venue SUGBK, Sabtu (04/04/17).

Terkait pembangunan GBK, Wardhana mengungkapkan jika progress perombakan tribun penonton dan juga rumput stadion sudah mencapai 30 persen jelang bergulirnya Asian Games 2018 mendatang.

Kondisi SUGBK setelah renovasi akan memiliki sejumlah fasilias baru.

"Prosesnya perbaikan tribun sudah mau selesai. Untuk kursi lebih kurang 80 ribu jumlahnya. Untuk lapangan pasirnya sudah selesai, plus dua minggu kemudian tanam rumput sampai selesai," jelas Wikrama.

"Rumputnya zoysia matrella, sama kayak rumput yang lalu. Secara total sudah selesai 28 persen dari 31 persen yang sudah dilaporkan. Semuanya sesucai jadwal. Kita juga melakukan pembongkaran  untuk lift, genset, dan nantinya akan ada empat unit lift," tambahnya.

Tidak hanya itu, SUGBK juga nantinya bakal menyediakan spot khusus bagi penonton disabilitas. Sekita 200 tribun penonton untuk penyandang cacat akan dibuat.

"Untuk disabilitas nantinya sekitar 200 tempat duduk diletakan di lantai dasar, jadi dia tidak perlu repot-repot naik," tambah Wikarma.

Untuk pengerjaan stadion Utama mantinya akan melibatkan pekerja tambahan. Teknologi untuk pemantauan keamanan stadion dan wifi broadband juga dipercanggih.

Sedikit informasi, proses renovasi SUGBK sebelumnya sempat diduga akan mengalami keterlambatan. Pasalnya, pada Jumat (03/03/17) kemarin, sempat terjadi insiden kebakaran yang disebabkan adanya kabel yang terbakar.