Ingin Miliki Anak Cerdas? Anjurkan Berkuda Sejak Dini

Kamis, 9 Maret 2017 16:06 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Memiliki anak yang cerdas tentunya menjadi harapan setiap orang tua. Berbagai cara pun dilakukan mulai dari memberi makanan-makanan bernutrisi hingga metode-metode pembelajaran yang edukatif dan menyenangkan.

Namun, siapa yang sangka ternyata olahraga juga memiliki peran yang cukup penting untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Uniknya, berdasarkan salah satu hasil penelitian seorang Profesor asal Jepang, Mitsuaki Ohta, ditemukan bahwa olahraga berkuda memiliki pengaruh yang cepat untuk tumbuh kembang kecerdasan otak anak.

Tentunya Anda jelas bingung bagaimana bisa olahraga berguna memiliki pengaruh terhadap kecerdasan otak seorang anak?

Ohta meneliti manfaat berkuda untuk pengembangan kecerdasan otak anak-anak.

Ternyata menurut penelitiannya, Ohta menemukan fakta bahwa saat seseorang menunggangi seekor kuda, getaran-getaran yang dihasilkan membuat sebuah rangsangan pada sensor motorik otak, khususnya bagian yang bertugas dalam hal belajar dan mengingat.

"Salah satu karakteristik dari gerakan langkah kuda adalah mereka menghasilkan gerakan tiga dimensi," tulis Ohta seperti dikutip dari Independent.

 "Dalam penelitian ini, saya percaya pergerakan panggul kuda dapat memberikan motorik dan masukan sensorik ke tubuh manusia. Namun, percepatan proses penerimaan sensor motorik ini kembali lagi pada perbedaan tubuh yang dimiliki seseorang," pungkasnya.

Sensor motorik otak dapat berkembang melalui gerakan yang terjadi saat menunggang kuda.

Terlepas dari benar atau tidaknya hasil penelitan Ohta tersebut, berkuda sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kebugaran serta meningkatkan akselerasi reflek tubuh.