Asian Games 2018

Test Event Asian Games, Sumsel Genjot Pembangunan Bowling Center

Selasa, 21 Maret 2017 19:47 WIB
Penulis: Muhammad Effendi | Editor: Gema Trisna Yudha
© Muhammad Effendi/Indosport
Bowling Center Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan. Copyright: © Muhammad Effendi/Indosport
Bowling Center Asian Games di Palembang, Sumatera Selatan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus menggenjot pembangunan Bowling Center yang akan digunakan pada test event jelang pelaksanaan Asian Games 2018. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo, mengatakan, test event tersebut akan dilaksanakan pada November 2017 hingga Januari 2018 mendatang.

Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai elemen terkait untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, termasuk persiapan venue bowling.

"Yang baru kita jadwalkan, Triathlon dan Volley Beach. Alhamdulillah Inasgoc peduli betul dengan persiapan kita," ujarnya.

Diakuinya, test event merupakan kewajiban host city sebelum menggelar Asian Games 2018 mendatang. Adapun Sumsel akan menjadi tuan rumah bagi 10 cabor seperti Bowling, Sepakbola, Triathlon, Dayung, Kano/Kayak, Sepak Takraw, Lempar Lembing, Menembak, Voli dan Soft Tenis.

Sementara itu Kepala Dinas PU Cipta Karya, Basyarudin, mengatakan progres venue Bowling sudah sekitar 52 persen. Saat ini mereka tengah mengurus pengadaan peralatan serta perlengkapan venue berstandar internasional itu.

"Dua minggu lagi kita akan pasang atap venue-nya. Kalau alat-alatnya harus diimpor, memakan waktu lima bulan. Tiga bulan untuk pemasangan alat-alat itu, total butuh delapan bulan," ujarnya. 

Adapun dana yang digunakan berasal dari dana CSR dari PT. Pertamina. Ditaksir, dana yang digunakan untuk impor serta pengadaan alat sebesar Rp42 miliar.