Asian Games 2018

Indonesia Akan Pangkas Cabor Olahraga di Asian Games

Jumat, 31 Maret 2017 06:23 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi usai rapat Asian Games 2018. Copyright: © Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi usai rapat Asian Games 2018.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan INASGOC mengurangi jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

"Maksimal ada 36 cabang olahraga seperti di Asian Games Incheon, Korea," ucapnya usai rapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menambahkan, berkurangnya enam dari 42 cabor yang akan dipertandingkan di Asian Games adalah non-sport olympic dan non-usulan tuan rumah.

"Jadi ada 30 sport olympic yang dipertandingkan tetapi ini semua belum final saya harap bersabar karena menentukan mana enam cabor yang akan dihapus tidak mudah,” ucap Menpora Imam.

image article indosportMenko PMK Puan Maharani bersama Menpora Imam Nahrawi usai rapat Asian Games 2018.

“Karena masing-masing cabang olahraga memiliki ekspektasi besar meraih medali, tetapi ada track record yang dapat dinilai dan momentum SEA Games Malaysia 2017 sebagai pembuktian," sambungnya.

Menurut pria yang akrab disapa Cak Imam itu, ada beberapa opsi yang bisa dinegosiasikan dengan pihak OCA.

"Ada beberapa opsi yang akan kita negosiasikan dengan OCA sebagai semangat coast effective terkait cabor, yang pasti sport olympic tidak akan dikurangi,” kata Cak Imam.

“Sebab, Asian Games adalah jenjang ke olimpiade, saat ini belum dapat kami sebutkan cabor apa saja yang enam karena masih dalam proses," tutup Menpora.