Asian Games 2018

Persiapan Asian Games, Atlet Muda Gulat Indonesia Ikuti Kejuaraan di Thailand

Sabtu, 1 April 2017 11:28 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Sebanyak 12 atlet gulat muda Indonesia akan berjuang mengikuti turnamen internasional di Thailand. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Sebanyak 12 atlet gulat muda Indonesia akan berjuang mengikuti turnamen internasional di Thailand.

Meski masih satu tahun lagi, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan sejumlah organisasi cabang olahraga di Indonesia untuk mempersiapkan para atletnya menghadapi Asian Games 2018.

Seperti telah diketahui bersama, kompetisi multi event terbesar di benua Asia itu akan berlangsung di Indonesia dan mengambil lokasi utama di DKI Jakarta dan Palembang.

Salah satu cabang olahraga yang gencar mempersiapkan diri untuk meraih banyak medali di ajang tersebut adalah gulat. Meski bukan termasuk olahraga populer di Indonesia, gulat ternyata memiliki target juara di Asian Games 2018.

Tidak tanggung-tanggung, demi meraih hasil tersebut, Pengurus Pusat Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PP PGSI) akan menerbangkan sebanyak 12 pegulat Indonesia untuk tampil di sebuah kejuaraan internasional, "The 10th South East Asian Junior and Kadet Wrestling Championship 2017" di Nakhon Ratchasima, Thailand, 1-8 April 2017.

image article indosport12 atlet gulat muda Indonesia mengikuti turnamen di Thailand sebagai bagian dari persiapan Asian Games 2018.

Bertempat di gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di kawasan Senayan, Jakarta, 12 atlet itu pun dilepas oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. Dalam kesempatan itu, Gatot berharap ke-12 atlet yang dikirim dalam kejuaraan itu mampu membuktikan kualitasnya agar bisa mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

"Ini adalah kesempatan yang baik bagi adik-adik semua, pemerintah saat ini sedang konsen dengan dunia olahraga, baik cabang olahraga gulat, angkat besi, dan lain sebagainya. Kami dorong kepada kalian untuk tunjukkan yang terbaik, tidak hanya saat usia muda tetapi juga saat kalian menjadi atlet elite," ujar Gatot seperti dikutip dari Antara.

Ramidin Saragih selaku Ketua Umum PP PGSI yang turut hadir dalam acara pelepasan tersebut berharap para pegulat Indonesia bisa menunjukkan dirinya memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan negara lain.

image article indosportGatot berharap para atlet gulat Indonesia bisa meraih prestasi terbaik saat mengikuti kejuaraan di Thailand.

"Gulat memang bukan cabang olahraga yang digemari masyarakat tetapi gulat adalah salah satu cabang olahraga Olimpiade. Sebagai info saja, di SEA Games 2017 Malaysia, gulat tidak akan dipertandingkan karena gulat Malaysia tidak seperti Indonesia."

"Untuk itu, manfaatkan momen ini sebagai sebaik-baiknya sebagai jenjang memasuki Asian Games, ikuti dengan baik, disiplin jika kalian serius maka kalian masih bisa berjaya agar tidak jago kandang saja," kata Ramidin.

Berikut ini nama pegulat muda Indonesia yang dikirim mengikuti turnamen di Thailand tersebut:

Sabri Purnama (Ragunan), Epri Erwinsyah (Jawa Timur), Rahmad Hadi (Jatim), Rifki Aditya (Banten), Fauzul Azim (Banten), Ilham Maulana (Sumatra Utara), Andika Sulaiman (DKI), Fery Budiawan (Jawa Barat), Candra Marimar (Jatim), Nilanda Saputri (Kaltim), Marissa Rahmawati (Jatim), Alviah Kurniawati (Jatim).