Olimpiade Tokyo 2020

Tak Hanya Mobil Tanpa Sopir, Olimpiade Tokyo Akan Diramaikan Kapal Hibrida

Selasa, 4 April 2017 05:51 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Toyota
Perahu hibrida yang akan digunakan di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Toyota
Perahu hibrida yang akan digunakan di Olimpiade Tokyo 2020.

Pesta olahraga terbesar dunia masih akan berlangsung tiga tahun lagi. Namun Jepang sebagai tuan rumah, tak main-main untuk menyelenggarakan olimpiade yang impresif. Terkenal dengan kemajuan teknologinya, Negeri Sakura bertekad akan mengadakan olimpiade paling canggih dan ramah lingkungan.

Sebelumnya, panitia telah mengklaim akan menyediakan mobil tanpa sopir dan pesawat berbahan bakar alga sebagai transportasi umumnya. Kini, kabar dari CNET melaporkan bahwa Jepang akan menguji coba kapal bertenaga listrik hibrida.

Teknologi kapal hibrida ini akan memadukan tenaga dari bahan bakar konvensional dengan tenaga yang dihasilkan listrik. Hasilnya, kapal ini akan memiliki tingkat efisiensi yang tinggi.

Rencananya, Toyota sebagai produsen, akan melakukan tes kelayakan pada Juli 2018 hingga Maret 2021. Toyota akan meminjamkan kapal bernama Ponam-28V itu dengan gratis untuk pemerintah Tokyo. Khusus di gelaran Olimpiade 2020, kapal ini akan memiliki peran dengan menjadi transportasi menuju venue olimpiade dan paralimpiade di Tokyo Bay.

Tak hanya untuk peserta olimpiade, para warga dan turis juga akan bisa menikmati perjalanan dengan kapal yang akan beroperasi di Pelabuhan Tokyo ini. Dengan teknologi mutakhirnya, kapal hibrida ini diharapkan mampu menghasilkan efisiensi tinggi, emisi dan tingkat kebisingan yang rendah, serta hemat bahan bakar.