Asian Games 2018

Jusuf Kalla Yakin Pembangunan Venue Asian Games Sesuai Target

Minggu, 9 April 2017 08:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Kemenpora
Jusuf Kalla saat meninjau venue Asian Games di Palembang, Sabtu (08/04/17). Copyright: © Kemenpora
Jusuf Kalla saat meninjau venue Asian Games di Palembang, Sabtu (08/04/17).

Wapres Jusuf Kalla menyatakan yakin venue Asian Games di Jakabaring Sport City akan selesai tepat waktu. Hal ini ia sampaikan saat melakukan kunjungan ke Palembang bersama Menpora Imam Nahrawi, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Ketua INASGOC Erick Thohir, Kasatlak Prima Achmad Sutjipto, dan Ketua KONI Pusat Tono Suratman usai meninjau progres pembangunan dan renovasi sarana dan prasarana JSC serta Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan, Sabtu (08/04/17) siang.

Beberapa titik venue telah ditinjau seperti lapangan menembak, venue ski air, venue dayung, wisma atlet dan Stadion Gelora Sriwijaya. "Saya apresiasi Pak Gubernur dan semua jajarannya juga kontraktor yang bekerja di sini karena rencana dan target berjalan lebih cepat dari rencana yang diharapkan," ujar Wapres saat jumpa pers di Griya Agung Palembang.

"Dari sebelas fasilitas, sepuluh di antaranya diharapkan selesai pada akhir Desember ini, melihat keseriusan dan anggaran yang ada saya optimistis pembangunan ini berjalan baik, tinggal menyesuaikan dengan syarat-syarat dan kondisi untuk Asian Games," tambahnya.

Wapres juga menyampaikan pembangunan dan progres venue yang ada di Jakarta juga akan selesai pada akhir tahun 2017 ini. "Di Jakarta juga targetnya selesai akhir tahun ini hampir semuanya akhir tahun malah ada yang Oktober mungkin yang sedikit akan makan tempo di Pulau Mas karena dimulai dari baru dan velodrom juga dari baru," kata Wapres.

© Info Kemenpora
Imam Nahrawi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla Copyright: Info KemenporaImam Nahrawi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat meninjau perkembangan venue Asian Games 2018.

Wapres menambahkan selain menggunakan dana APBD Sumsel pembangunan dan renovasi venue menggunakan dana CSR dari perusahaan-perusahaan dan dana APBN. "Ada tiga komponen yang menyokong pembangunan dan renovasi ini yakni dana APBD Sumsel, dana CSR perusahaan dan APBN, jumlahnya sih cukup besar tetapi tetap mengacu pada cost effective artinya mencapai hasil yang baik dengan biaya yang efisien, meski Perpres belum turun tapi tidak menghalangi penyajian penyelenggaraan semua berjalan seratus persen," tuturnya.

Khusus untuk proyek pembangunan dan renovasi shooting range dilakukan renovasi dan perluasan bangunan utama. Tanggal mulai pekerjaan 1 Desember 2016 diperkirakan akan selesai selama 300 hari kalender, hingga saat ini progres pelaksanaan pekerjaan telah mencapai 24,25% per 8 April 2017.

Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi persiapan serius Palembang menjadi salah satu daerah penyelenggara Asian Games 2018. “Perkembangan pembangunan, renovasi venue sampai LRT tidak lama selesai, luar biasa. Atmosfer Asian Games 2018  juga sangat terasa di Palembang, masyarakatnya antusias untuk jadi sorotan Asia. Indonesia bangga,” tambah Cak Imam.