Bukan Rossi atau Buffon, Inilah Atlet Terkaya Italia

Jumat, 12 Mei 2017 14:39 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport/Getty Images
Graziano Pelle, Valentino Rossi, dan Gianluigi Buffon. Copyright: © Indosport/Getty Images
Graziano Pelle, Valentino Rossi, dan Gianluigi Buffon.

Sepakbola sebagai olahraga terpopuler di dunia menjadikan para pemainnya bergelimang bayaran tinggi saat bermain di klub-klub besar. Seperti halnya para pemain dari negara pencinta sepakbola, Italia, yang juga melahirkan banyak atlet bintang yang bermain di klub-klub besar internasional.

Hal ini terbukti dari daftar olahragawan terkaya yang berasal dari Italia, yang dilansir Eurosport. Sebanyak 70 persen dari nama-nama tersebut adalah pemain sepakbola. Dua di antaranya merupakan atlet basket NBA dan satu nama dari lintasan MotoGP.

Namun justru nama teratas tak bermain merumput di Serie A Italia. Graziano Pelle, kini membela tim dari Liga Super China, Shandong Luneng. Eks striker Southampton ini mendapat bayaran fantastis layaknya deretan bintang dunia yang ditarik bermain ke Negeri Tirai Bambu. Pelle mendapat bayaran 15 juta euro per tahunnya, atau sekitar Rp218 miliar.

© Internet
Caption Copyright: InternetStriker Shandong Luneng, Graziano Pelle.

Di bawahnya, ada Danilo Gallinari, small forward tim basket NBA, Denver Nuggets. Gaji yang ia dapatkan hanya terpaut satu juta dolar dari Pelle. Di tempat ketiga, ada juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi. Namun sejak ia menjalani balapan Grand Prix dari tahun 2000, total Rossi meraih pendapatan hingga 350 juta euro.

Secara keseluruhan selain ketiga nama di atas, ada tiga nama yang bermain di Serie A Italia, dua nama di Major League Soccer, satu pemain di Ligue 1 Prancis, dan satu pemain lagi NBA.

Kiper Juventus dan Timnas Italia, Gianluigi Buffon menempati posisi buncit dengan "hanya" mendapat bayaran empat juta euro per tahunnya, atau sekitar Rp58 miliar.

Berikut 10 atlet terkaya Italia menurut Eurosport:

Nomor Nama Olahraga Tim

Bayaran (euro) per tahun

1 Graziano Pelle Sepakbola Shandong Luneng 15 juta
2 Danilo Gallinari Basket Denver Nuggets 14 juta
3 Valentino Rossi MotoGP Movistar Yamaha 7,5 juta
4 Daniele De Rossi Sepakbola AS Roma 6,5 juta
5 Sebastian Giovinco Sepakbola Toronto FC 6,5 juta
6 Marco Belinelli Basket Charlotte Hornets 6,1 juta
7 Marco Verratti Sepakbola Paris Saint-Germain 5,6 juta
8 Andrea Pirlo Sepakbola New York City FC 5,4 juta
9 Leonardo Bonucci Sepakbola Juventus 5 juta
10 Gianluigi Buffon Sepakbola Juventus 4 juta