Donzol: Vic Hermans Ubah Mental Pemain Muda Indonesia

Minggu, 21 Mei 2017 12:57 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia U-20 berhasil melaju ke babak perempatfinal Piala AFC Futsal U-20. Pada babak 8 besar, Garuda Muda yang berstatus sebagai jawara Grup B bakal beradu kekuatan dengan Thailand.

Kesuksesan Timnas Futsal U-20 menyisihkan lawan berat di Grup B  seperti Jepang dan Vietnam mendapat apresiasi besar dari berbagai pihak. Tak terkecuali dari pelatih futsal nasional, Junika Rahmat Ramadhan alias Doni Zola.

Donzol, sapaan karibnya, menganggap pelatih Victor Jacobus Hermans memegang peranan penting dalam mengubah mental bertanding Garuda Muda. Meski Vic tidak dapat menemani langsung Ardiansyah Runtuboy dkk bertanding karena suatu hal, Donzol tetap menilai pelatih asal Belanda tersebut memiliki pengaruh besar dalam tubuh Timnas Futsal U-20.

“Kuncinya terletak pada pelatih kepala Vic Hermans yang walau tidak bisa mendampingi tim, tapi telah mengubah cara berpikir dan cara bermain para pemain Timnas Futsal U-20,” ujar Donzol ketika dihubungi INDOSPORT, Minggu, (21/05/17).

“Jelas sebuah kejutan mengingat ini kali pertama Piala AFC U-20 digelar dan prestasi futsal kita sendiri untuk tingkat Asia  belum bicara banyak,” lanjut Donzol.

Menginjak babak perempatfinal, Donzol mengimbau Timnas Futsal U-20 tidak sekecil pun membuat kesalahan karena lawan yang akan dihadapi adalah tuan rumah Thailand. Untuk itu, mantan juru taktik Persija Jaya Futsal tersebut percaya dengan peluang Garuda Muda untuk lolos ke babak berikutnya.

“Thailand akan didukung penuh penonton. Tapi ini ujian sesungguhnya bagi Garuda Muda mengingat secara grafik permainan mereka sedang bagus-bagusnya,” imbuh Donzol.

“Saya sih yakin kita bisa mengejutkan tuan rumah. Asal bisa meminimalisasi kesalahan-kesalahan pertandingan sebelumnya,” tandasnya.