Ini Alasan Timnas Futsal Indonesia Mundur dari SEA Games 2017

Selasa, 18 Juli 2017 16:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Futsal Putra Indonesia batal berangkat ke SEA Games 2017 di Malaysia pada Agustus nanti. Dana yang tak kunjung keluar disinyalir menjadi salah satu alasan mundurnya tim Merah Putih dari ajang dua tahunan di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Asisten pelatih, Yori van der Torren menjelaskan kalau tim pelatih sebenarnya sudah siap menggelar pemusatan latihan di Mataram, Lombok. Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada satu pun pemain yang datang meski tim pelatih telah menyerahkan 31 nama ke Federasi Futsal Indonesia (FFI).

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Timnas Futsal Indonesia.

“Kita sudah tunggu pemain selama dua minggu tapi belum di-accept sama federasi, jadi tidak bisa berangkat. Sebenarnya kita sudah serahkan nama-nama pemain ke federasi tetapi pemainnya tidak dibeliin tiket,” jelas Yori van der Torren.

“Kita tim pelatih sudah siap di Lombok tetapi tidak ada pemain yang datang, dari federasi tidak di acc semuanya. Seharusnya TC sejak awal Juli tetapi sampai saat ini tidak ada yang datang dan ini di luar kendali kita (tim pelatih), ini adanya di federasi,” sambungnya.

© istimewa
Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20. Copyright: istimewaTimnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20.

Pada SEA Games 2017 ini, Timnas Futsal Indonesia seharusnya bersaing dengan empat negara lain yakni Vietnam, Thailand, Malaysia, Myanmar.

Baca Juga:

Mundurnya Timnas Futsal Putra Indonesia sebelumnya juga sudah diwanti-wanti oleh pelatih kepala, Vic Hermans. Ia menegaskan jika sampai tanggal 17 Juli nanti Timnas Futsal belum juga berkumpul, maka tim lebih baik tidak berangkat ke SEA Games 2017 karena minim persiapan.

© @AFFPresse
Vic Hermans resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Futsal Indonesia. Copyright: @AFFPresseVic Hermans resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Futsal Indonesia.

Menurutnya fokus tim akan lebih optimal jika dialihkan ke Asian Indoor dan AFF Futsal akhir tahun nanti.

“Saya pikir tanggal 17 Juli adalah batas akhir untuk kita memulai sesi latihan untuk SEA Games,” ujar Vic seperti dilansir dari Bolalob.

“Jika tidak dimulai, lebih baik fokus ke Asian Indoor (September) dan AFF (November) di Vietnam, tapi kita juga tidak boleh memulainya dengan telat,” tutupnya.

1