SEA Games 2017

Bendera Indonesia Terbalik, Jokowi-JK Sudah Maafkan Malaysia

Senin, 21 Agustus 2017 17:05 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), sudah menerima permintaan maaf dari Malaysia terkait insiden bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017.  

"Ya iya dong (Presiden memaafkan) kalau ada permintaan maaf," ujar Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo seperti dilansir dari Kompas.com.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), juga mengatakan Malaysia telah meminta maaf mengenai insiden bendera Merah Putih terbalik di dalam buku panduan SEA Games 2017. Dia mengatakan, dengan permintaan maaf, masalah tersebut selesai.

© online24jam.com
Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Copyright: online24jam.comWakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

"Pemerintah menerima (permintaan maaf) dengan terbuka. Semua orang bisa buat kesalahan," ujar Jusuf Kalla dilansir dari Viva.co.id

Jusuf Kalla juga menambahkan bahwa hubungan Indonesia dan Malaysia akan tetap baik. Menurut Wapres, pemerintah Malaysia juga tidak mungkin sengaja mencetak bendera Merah Putih secara terbalik.

"Ini hanya yang kontrol di percetakannya yang mungkin tidak paham," ujar JK.

Bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017. Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera Merah Putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah. Sementara, bendera 10 negara peserta SEA Games 2017 lainnya tercetak dengan benar.

Malaysia sendiri sudah meminta maaf atas kecerobohan mereka melalui Menteri Belia dan Sukan, Khairy Jamaluddin. Sebelumnya, Imam Nahrawi selaku Menpora RI juga menyatakan bahwa kejadian ini semoga tak terulang demi hubungan baik kedua negara.

Selain meminta maaf, Malaysia juga berjanji untuk menghentikan peredaran buku panduan SEA Games 2017 yang disebut salah cetak ini. Malaysia juga berjanji akan mencetak edisi revisi dari buku panduan tersebut.