Singkirkan Hongkong dan Jepang, 2 Tim Indonesia Pastikan Medali Emas dan Perak

  • Dua tim Indonesia berhasil menang di babak semifinal test event cabor voli.
  • Dua tim Indonesia tampil di babak final yang artinya medali emas dan perak menjadi milik tuan rumah.
Kamis, 15 Februari 2018 03:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT/Petrus Manus Da'Yerimon
Tim Voli Indonesia saat bertanding di tes Event Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT/Petrus Manus Da'Yerimon
Tim Voli Indonesia saat bertanding di tes Event Asian Games 2018.

Dua tim Indonesia, tim 1 dan 2 berhasil memastikan diri tampil di babak final ajang test event Asian Games 2018. Hak itu terjadi setelah kedua tim tersebut mampu menyingkirkan lawan-lawan yakni Tiongkok dan Jepang di babak semifinal, Rabu (15/02/18) di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta.

Tim Indonesia 1 terlebih dahulu memastikan tiket final usai menang 25-13, 23-25, 25-23 dan 25-20. Salanjutnya tim Indonesia 2 melawan Jepang dan berhasil menang dengan skor 26-24, 25-20, 23-25 dan 25-22.

Dengan majunya dua tim Indonesia ke partai final, Kamis (15/02/18) maka dapat dipastikan tuan rumah meraih medali emas dan juga perak, dan hanya menunggu hasil akhir untuk menentukan siapa yang berhak berdiri di podium teratas.

Pelatih tim Indonesia 2, Samsul Jais mengatakan Jepang adalah lawan paling berat meski hanya menurunkan pemain lapis kedua. Akan tetapi, berkat perubahan strategi yang dilakukan tim tamu akhirnya menyerah dan gagal mengantisipasi pola serangan Indonesia 1.

"Saya yakin Jepang ini tim yang punya staff paling lengkap sampai data statistik pakai komputer sedangkan kita manual. Tapi hari ini (Rabu-red) kita pakai taktik dan strategi, kita ajak mereka main di area dalam karena mereka bisa antisipasi kalau bermain keluar atau melebar," ucapnya pasca laga.

© INDOSPORT/Petrus Manus DaYerimon
Pelatih tim voli Indonesia 2, Samsul Jais. Copyright: INDOSPORT/Petrus Manus DaYerimonPelatih tim voli Indonesia 2, Samsul Jais.

"Set ketiga tadi konsentrasi dan fokus pemain jadi menurun kemudian jadi nervous dan pelan-pelan kami akirnya mampu mengubahnya," imbuh Samsul.

"Ini pertandingan yang terbaik selama tiga hari ini.  Besok kita lawan Indonesia 1 dan kita sudah sama-sama tau, jadi harus punya sistem dan strategi. Besok harus bagus sejak servis awal," tegasnya mengenai laga final hari ini.

Kapten tim Indonesia 2, Maulana Aji pun mengakui Jepang sangat membuat ia dan rekan-rekannya kerepotan di tiap set. Beruntung para pemain yang notabene dari klub Bank Sumsel Babel itu tampil solid dan mampu menjalankan rencana pelatih dengan baik.

© INDOSPORT/Petrus Manus DaYerimon
Maulana Aji, kapten tim voli Indonesia 2. Copyright: INDOSPORT/Petrus Manus DaYerimonMaulana Aji, kapten tim voli Indonesia 2.

"Hari ini kami main sangat bagus, dan perkembangan serta kondisi lebih baik. Kita juha bisa jalankan strategi pelatih mulai dari defense, blok dan servis jadi kita bisa menang hari ini," akunya.

"Besok lawan Idonesia satu jadi kita tetap harus jaga blok dan kalau yakin pasti bisa menang," tutup Maulana Aji.