x

4 Fakta Menarik Puspa Arumsari, Peraih Medali Emas Pencak Silat Asian Games 2018

Senin, 27 Agustus 2018 11:19 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM  - Cabang olah raga pencak silat sukses menyumbangkan emas ke-13 untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018. Adalah atlet pencak silat Puspa Arumsari yang suses meraih emas lewat nomor Seni Tunggal Putri usai mengungguli pesain terdekatnya asal Singapura dan Filipina.

Raihan medali emas di Asian Games 2018 ini seakan menjadi pelengkap karier gemilang dara 25 tahun itu yang juga pernah menyabet gelar Juara Dunia di tahun 2016.

Baca Juga

Namun siapa sangka prestasi yang mengiringi Puspa di dunia Pencak Silat berawal dari sebuah ketidaksengajaan dan hanya berdasarkan hobi.

Untuk lebih mengenal siapa sebenarnya sosok Puspa Arumsari, berikut INDOSPORT coba merangkumkan beberapa fakta di antaranya.


1. Dicemplungkan Abang

Puspa Arumsari sumbang emas kategori Pencak Silat untuk Indonesia.

Saat sebagaian besar perempuan memilih bermain dengan hal-hal yang lebih feminin sewaktu kecil. Puspa Arumsari justru sudah memulai berlatih Pencak Silat ketika usianya baru menginjak sebelas tahun.

Bukan berasal dari orang tua yang dekat dengan dunia beladiri, terjunnya Puspa mengenal Pencak Silat berawal dari ajakan kakak laki-lakinya yang merupakan seorang pelatih Pencak Silat.

Saat diminta ikut berlatih oleh sang Abang itu, Puspa mengaku langsung kerasan lantaran banyak temannya yang juga ikut berlatih bersama. 


2. Juara Sejak Kelas Enam SD

Puspa Arumsari Atlet Pencak Silat Indonesia.

Tak butuh waktu lama setelah pertama kali ikut latihan, dengan bakat alami yang dimilikinya Puspa sudah langsung mampu meraih gelar juara setahun berselang.

Turun di kejuaraan perdanannya sewaktu kelas enam SD, Puspa sudah langsung berhasil meraih gelar juara satu di kejuaraan antara sekolah UNJ Open.

Hingga kini berbagai gelar juara berhasil digondol wanita kelahiran 10 Maret itu mulai dari Juara 1 Pra Kualifikasi PON di Gorontalo, juara 2 Pencak Silat World Championship di Thailand, juara 1 Asean University Games, Indonesia di Palembang, juara 2 Malaysia Open di Ipoh Malaysia, juara 2 Asean University Games di Laos, Juara 3 SEA Games 2017, hingga yang terbaru kini medali emas Asian Games 2018.


3. Lulusan Desain Grafis yang Tak Pernah Bayar Sekolah

Puspa Arumsari Atlet Pencak Silat Indonesia.

Berprestasi sebagai seorang atlet nyatanya Puspa tak pernah melupakan pentingnya pendidikan. Itu terbukti dari gelar lulusan Politeknik Negeri Jakarta yang didapatnya pada tahun 2014 silam lewat konsentrasi Desain Grafis.

Selain itu, wanita berhijab itu juga mengaku bahwa prestasinya di dunia olah raga justru membawa berbagai kemudahan baginya di dunia pendidikan. Salah satunya, Puspa tak pernah keluar sepeserpun uang untuk bayaran sekolah sejak bangku Sekolah menengah Pertama (SMP).

Sempat bersekolah di SMP 259 Jakarta, prestasi Puspa kemudian membawanya melanjutkan sekolah di SMP khusus atlet di Ragunan hingga kemudian lulus dari bangku SMA di tempat yang sama.


4. Ingin Buka Lapangan Pekerjaan

Puspa Arumsari Atlet Pencak Silat Indonesia.

Berprestasi sebagai atlet, terlebih setelah meraih gelar juara di Asian GAmes 2018 yang akan membuatnya diguyur bonus miliaran Rupiah dan kesempatan menjadi PNS, Puspa justru memiliki cita-cita lain ke depannya.

Wanita yang mengaku tomboi sejak kecil itu, justru memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha dalam bidang yang tak jauh dari latar belakang pendidikannya, desain grafis.

Baca Juga

"Pengin usaha sendiri yang berkaitan dengan desain. Aku suka banget gambar. Cuma sekarang belum diasah lagi nih gambar-gambarnya."

"Buka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Buka usaha percetakan atau apapun sih yang berkaitan dengan desain grafis," terang Puspa dalam wawancaranya dengan bintang.com.

Ikuti terus berita seputar olahraga serta serba serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT

 

Pencak SilatAsian Games 2018Multi-EventSerba Serbi Asian Games 2018

Berita Terkini