x

4 Fakta Menarik MotoGP Austria: Ambisi Vinales dan Rossi

Kamis, 10 Agustus 2017 21:03 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan Marc Marquez.

Rangkaian balapan MotoGP memasuki seri kesebelasnya. Balapan Minggu (13/08/17) mendatang, akan menjadi pertarungan seru para pembalap kelas premier yang semakin sengit memperebutkan gelar juara dunia musim ini.

Marc Marquez yang masih beraromakan kemenangan dari MotoGP Ceko dan MotoGP Jerman, berambisi untuk mengejar kemenangan ketiga beruntunnya, meski Maverick Vinales masih merajai puncak klasemen.

Selebrasi Marc Marquez ketika berhasil menjuarai GP Ceko, 2017.
Baca Juga

Jika di musim lalu Andrea Iannone sukses membuat kejutan dengan meraih kemenangan perdananya di kelas MotoGP, kejutan apalagi yang akan terjadi di MotoGP Austria kali ini? Sebelum Anda menyaksikan sengitnya balapan di akhir pekan ini, simak beberapa fakta dan data menarik yang telah INDOSPORT siapkan. 


1. Dari Sirkuit Salzburgring ke Red Bull Ring

Sirkuit Red Bull Ring.

MotoGP Austria pertama kali dihelat di Sirkuit Salzburgring sejak 1971 dan total menyelenggarakan 22 balapan. Namun karena zona run-off yang terbuat dari aspal dan terbatas, sirkuit ini dianggap berbahaya apabila ada pembalap yang jatuh. Akhirnya pada 2016, balapan dipindah lagi ke Red Bull Ring.

Sebelum musim lalu, Valentino Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang pernah menjajal balapan di Red Bull Ring, yang sebelumnya dikenal dengan nama A1-Ring. Sirkuit tersebut memiliki panjang 4,318 km dan memiliki 10 tikungan.


2. Kilas Balik Musim Lalu

Pembalap Suzuki, Andrea Iannone.

Di musim lalu, Andrea Iannone mencatat kemenangan perdananya di kelas MotoGP kala menunggangi motor Ducati. Ini juga menjadi kemenangan pertama tim tersebut sejak Casey Stoner juara di MotoGP Australia 2010.

Di belakang Iannone, menyusul sesama pembalap Ducati dan asal Italia, Andrea Dovizioso. Ini juga menjadi rekor tersendiri, di mana Ducati sukses memenangi pembalapnya sebagai juara 1 dan 2 sejak MotoGP Jepang 2007, serta pembalap Italia yang finish 1-2 sejak GP Finlandia 500cc di Imatra 1972, kala Giacomo Agostini mengalahkan rekan setimnya, Alberto Pagani.

Yang menarik, tiga pemenang dari tiga kelas balapan motor berbeda, sama-sama meraih pole position di musim lalu.


3. Maverick Vinales

Pembalap andalan Yamaha, Maverick Vinales.

Setelah hasil MotoGP Ceko 2017, Maverick Vinales menambah jarak selisih angka di papan klasemen sementara. Mengoleksi 104 poin, pembalap 22 tahun ini terpaut 14 angka dari Marc Marquez yang menghuni posisi pertama. Ini merupakan gap terbesar di musim ini.

Setelah finish ketiga di Sirkuit Brno, Vinales meraih podium ke-49 di tiga kelas Grand Prix. Jika ia naik podium sekali lagi sebelum akhir musim ini, ia akan masuk dalam daftar pembalap termuda kelima sepanjang masa yang meraih podium ke-50, di belakang Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi.


4. Valentino Rossi

Valentino Rossi dalam sebuah konferensi pers.

Sirkuit Red Bull Ring menjadi satu-satunya sirkuit yang belum pernah ditaklukkan Valentino Rossi di kelas premier. The Doctor tercatat telah naik podium di 26 sirkuit berbeda, di antaranya Donington Park, Estoril, Indianapolis, Istanbul, Laguna Seca, Rio, Shanghai, Suzuka, dan Welkom. 

Jika ia bisa naik podium di balapan kali ini, ia akan menyamai rekor Mick Doohan, yang naik podium paling banyak di sirkuit berbeda di kelas premier.

Marc MarquezValentino RossiMotoGPMotoGP 2017MotoGP AustriaSirkuit Red Bull Ring

Berita Terkini