x

Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika: Quartararo Rebut Pole Pertama, Duo Marquez Tercecer

Sabtu, 19 Maret 2022 15:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Hasil kualifikasi MotoGP kualifikasi MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika pada Sabtu (19/03/22), di mana Fabio Quartararo terdepan, Marc Marquez tercecer. Foto: Reuters/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM – Berikut ini hasil kualifikasi MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika pada Sabtu (19/03/22). Fabio Quartararo menjadi yang terdepan, sedangkan Marc Marquez dan adiknya tercecer. 

Hajatan balapan yang ditunggu-tunggu publik Tanah Air akan mulai dihelat akhir pekan ini. Pada Sabtu (19/03/22), akan ada kualifikasi semua kelas balapan mulai dari Moto3, Moto2 hingga MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga

Babak kualifikasi kasta tertinggi MotoGP dimulai pada pukul 14.25 WIB atau 15.25 waktu setempat di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebelum memasuki babak kualifikasi, para pembalap MotoGP lebih dulu menjalani dua sesi latihan bebas tersisa hari ini, yakni FP3 dan FP4.

Pada sesi FP3, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang sempat mengalami kecelakaan di hari sebelumnya berhasil menjadi yang tercepat di trek Mandalika.

Baca Juga

Rider asal Spanyol tersebut mencatatkan waktu tercepat, disusul oleh pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, dengan selisih 0.183 detik saja.

Sementara pada sesi FP4, catatan waktu tercepat Marquez dipecahkan oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli.

Di belakang Morbidelli, ada pembalap timnya Valentino Rossi Mooney VR46 Racing Tim, Marco Bezzecchi, dan disusul rider Yamaha lainnya, yakni Fabio Quartararo.

Baca Juga

Pada kualifikasi Q1, Francesco Bagnaia dan Fabio Di Giannantonio berhasil melalui kualifikasi kedua setelah mendominasi balapan di urutan terdepan

Francesco Bagnaia menjadi yang tercepat di sesi Q1, disusul Fabio Di Giannantonio dengan selisih waktu 0.412 detik saja.


1. Hasil Q2 MotoGP Mandalika, Quartararo Pole Pertama

Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Berlanjut pada sesi kualifikasi Q2, Fabio Quartararo berhasil merebut pole position setelah menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1:31.067. 

Sementara pembalap Pramac Racing, Jorge Martin yang merebut pole pertama di di Qatar akan memulai dari pole kedua saat balapan resmi di Sirkuit Mandalika besok Minggu.

Baca Juga

Di posisi ketiga ada pembalap Ducati, Johann Zarco yang disusul oleh Brad Binder (KTM. Kemudian di posisi kelima ada juara MotoGP Qatar, Enea Bastianini (Ducati).

Bagnaia akan memulai dari posisi keenam, disusul Miguel Oliveira (KTM), Alex Rins (Suzuki), dan Jack Miller (Ducati).

Baca Juga

Sementara Marc Marquez gagal menyelesaikan Q1 setelah mengalami kecelakaan yang kedua kalinya di tikungan 13. Marquez dipastikan akan start dari P15.

Adiknya, Alex Marquez yang sama-sama menunggangi Honda juga tercecer di urutan belakang. Dia bakal memulai balapan dari urutan ke P19.

Baca Juga

Kecelakaan juga dialami Pole Espargaro dan Joan Mir yang membuat keduanya masing-masing bakal start di urutan P16 dan P18 saat balapan resmi nanti.


2. Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Mandalika

Para pembalap Team Suzuki Ecstar's Joan Mir, Repsol Honda Team's Pol Espargaro dan Red Bull KTM Factory Racing's Miguel Oliveira saat beraksi di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (19/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Selengkapnya, berikut ini hasil kualifikasi MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Sabtu, 19 Maret 2022:

1. Fabio Quartararo (Yamaha)

2. Jorge Martin (Ducati)

3. Johann Zarco (Ducati)

4. Brad Binder (KTM)

5. Enea Bastianini (Ducati)

6. Francesco Bagnaia (Ducati)

7. Miguel Oliveira (KTM)

8. Alex Rins (Suzuki)

9. Jack Miller (Ducati)

10. Aleix Espargaro (Aprilia)

11. Fabio Di Giannantonio (Ducati)

12. Franco Morbidelli (Yamaha)

13. Luca Marini (Ducati)

14. Marco Bezzecchi (Ducati)

15. Marc Marquez (Honda)

16. Pol Espargaro (Honda)

17. Andrea Dovizioso (Yamaha)

18. Joan Mir (Suzuki)

19. Alex Marquez (Honda)

20. Maverick Vinales (Aprilia)

21. Raul Fernandez (KTM)

22. Remy Gardner (KTM)

23. Darryn Binder (Yamaha)

24. Takaaki Nakagami (Honda)

Baca juga: Jadwal Lengkap MotoGP Indonesia Akhir Pekan Ini di Sirkuit Mandalika
 

MotoGPMotoGP IndonesiaHasil PertandinganSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini