x

Bakal Banyak Perubahan, Sirkuit Mandalika Makin Siap Jadi Tuan Rumah WSBK 2022

Rabu, 31 Agustus 2022 21:47 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
Sirkuit Mandalika makin siap menggelar ajang balap motor World Superbike (WSBK) Indonesia 2022 usai melakukan evaluasi dan pembenahan.(Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COMSirkuit Mandalika makin siap menggelar ajang balap motor World Superbike (WSBK) Indonesia 2022 usai melakukan evaluasi dan pembenahan.

Sebagaimana diketahui ajang WSBK 2022 kembali menunjuk Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi tuan rumah.

Baca Juga

Ajang WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika rencananya bakal berlangsung pada pertengahan bulan November mendatang.

Pihak otoritas setempat pun terus menggenjot sejumlah persiapan. Salah satunya ialah Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mulai mempersiapkan rencana pengamanan kejuaraan balap motor kelas dunia tersebut.

Melansir dari Antara, Abu Bakar Tertusi selaku Kepala Biro Operasi Polda NTB Komisaris Besar Polisi mengatakan pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi awal dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan Mandalika.

Baca Juga

Rapat koordinasi ini membahas soal situasi dan kondisi di sekitar Sirkuit Mandalika, di mana terdapat hal perlu yang disorot dan dilakukan pembenahan.

Ia mengatakan ada beberapa catatan yang disampaikan pihak ITDC sesuai dengan permintaan dari Dorna Sports, yakni pembenahan di Sirkuit Mandalika seperti beberapa penambahan dan perbaikan sarana kelengkapan balap motor kelas dunia tersebut.

"Dalam koordinasi awal ini kami ingin mengetahui situasi dan kondisi kawasan Mandalika, khususnya Sirkuit Mandalika," kata Abu Bakar.

Baca Juga

"Mudah-mudahan apa yang diminta Dorna Sport bisa dipenuhi karena apabila tidak dipenuhi, kemungkinan WSBK tidak digelar di sini (Sirkuit Mandalika)," ujarnya.

Polda NTB sendiri mendukung penuh persiapan dari sisi keamanan, selain itu ada banyak hal yang akan dievaluasi jelang WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika.


1. Catatan Penting Jelang WSBK 2022

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah WSBK 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Mengenai pembenahan yang diminta pihak Dorna Sports, Abu Bakar menyatakan bahwa Polda NTB mendukung penuh dari segi pengamanannya.

"Apa pun yang berkaitan dengan pengamanan, pasti menjadi atensi kami di kepolisian," tambahnya.

Baca Juga

Melihat hasil evaluasi pelaksanaan gelaran WSBK tahun 2021, Abu Bakar mengatakan sudah ada sejumlah catatan penting yang menjadi perhatian kepolisian.

"Salah satunya soal pergerakan kendaraan, macet, parkir, dan shuttle bus. Itu yang muncul dalam persoalan tahun lalu," katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan evaluasi dan turun lapangan guna mengecek rencana perbaikan.

"Kemungkinan nanti akan ada lahan parkir yang lebih baik, begitu juga dengan kantong-kantong shuttle bus akan diperbanyak. Pastinya akan banyak perubahan yang lebih baik pada tahun ini," ujarnya.

Baca Juga

Ajang balap motor internasional WSBK Indonesia 2022 rencananya digelar pada pertengahan November 2022.

Sebagai salah satu persiapan, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengumumkan perihal penutupan sementara Sirkuit Mandalika yang akan mulai dilaksanakan pada 1 September 2022 untuk kepentingan pembenahan dalam menyambut WSBK Indonesia 2022.


2. Sirkuit Mandalika Batal Jadi Tuan Rumah Tes Pramusim MotoGP 2023

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah WSBK 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah tetap santai meski Sirkuit Mandalika batal menjadi tuan rumah untuk tes pramusim MotoGP 2023.

Sebagaimana diketahui MotoGP telah merilis jadwal sementara untuk tes pramusim 2023 pada 9 Agustus kemarin.

MotoGP hanya merilis empat jadwal tes pramusim di 2023. Menariknya, Sirkuit Mandalika tak ada dalam daftar sementara.

Baca selengkapnya: Sirkuit Mandalika Batal Jadi Tuan Rumah Tes Pramusim MotoGP 2023, Gubernur NTB Tetap Santai

MotoGPSirkuit MandalikaWorld Superbike (WSBK)

Berita Terkini