x

Antisipasi Adanya ‘Calo’, Pemerintah Awasi Kesiapan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika

Kamis, 13 Oktober 2022 17:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pemerintah Indonesia terus mengawasi kesiapan WSBK 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika termasuk mencegah adanya pihak yang menaikkan harga.(Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM – Pemerintah Indonesia terus mengawasi kesiapan World Superbike (WSBK) 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika termasuk mencegah adanya pihak yang menaikkan harga.

Salah satunya ialah Kantor Staf Presiden (KSP) yang gencar mengingatkan soal pentingnya kesiapan dan tersedianya penginapan yang layak huni untuk penonton yang penyelenggara WSBK Mandalika.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah WSBK yang digelar pada 11-13 November 2022 mendatag.

Himbauan KSP bukan tanpa alasan. Sebab, mereka tak ingin kesalahan saat gelaran balap motor dunia sekelas MotoGP 2022 tak terulang.

Helson Siagian selaku Tenaga Ahli Utama KSP menyatakan bahwa selain selain kesiapan sirkuit dan penginapan, panitia penyelenggara juga harus menyiapkan rekayasa lalu lintas dan teknis alur kedatangan kendaraan pengunjung menuju dan meninggalkan sirkuit.

Baca Juga

Ia turut menambahkan bahwa harus ada langkah mitigasi untuk menghindari penumpukan kendaraan pribadi yang masuk ke kawasan ajang balap itu.

Helson juga meminta agar sosialisasi dan pemasaran rumah tinggal yang dijadikan hunian (homestay) terus digencarkan, terutama agar tak adanya calo yang menaikkan harga yang sangat tinggi.

“Jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang menaikkan harga homestay berkali-kali lipat seperti saat ajang MotoGP,” kata Helson Siagian, dilansir dari Antara.

Baca Juga

Helson juga mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan jelang kejuaraan balap kelas dunia tersebut.

KSP sendiri telah memimpin rapat koordinasi yang dihadiri oleh beberapa pihak untuk membahas ajang WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika.


1. Siap Sambut WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah WSBK 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Rapat koordinasi (rakor) tersebut dihadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Polda NTB, Pemerintah Provinsi NTB.

Lalu ada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita).

Baca Juga

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa selain soal kesiapan sirkuit, hunian, dan pengaturan sirkulasi penonton serta kendaraan, rakor juga membahas kesiapan di luar kawasan Mandalika seperti perkembangan pelebaran jalan Kuta-Keruak, penanganan banjir, dan kesiapan moda transportasi.

Ari Respasti selaku Direktur Utama ITDC mengatakan pihaknya terus mempersiapkan gelaran kedua World Superbike Indonesia Round, baik dari sisi kejuaraan balap maupun dari aspek acara sela (side event).

Baca Juga

"Kami siap menyambut riders, racing team, promoter team, media, dan para penonton menikmati gelaran WSBK 2022 di kawasan kami," kata Ari Respati.

Sekadar informasi, WSBK Mandalika 2022 akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 11-13 November 2022. WSBK Indonesia menjadi seri ke-11 dari 12 balap (race) di WSBK 2022.


2. Sandiaga Uno Pastikan Sirkuit Mandalika Siap Jadi Tuan Rumah WSBK 2022

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah WSBK 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) pastikan bahwa Sirkuit Mandalika siap menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2022.

Seperti yang diketahui, Sirkuit Mandalika untuk kedua kalinya dipercaya menjadi tuan rumah untuk ajang WSBK 2022 yang berlangsung di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 11-13 November 2022.

Melansir dari Antara, Menparekraf menyatakan bahwa persiapan penyelenggaraan WSBK 2022 terus dilakukan bersama dengan seluruh pihak mulai dari Dorna Sports, MGPA, ITDC, Pemprov NTB, dan seluruh pihak terkait.

Baca selengkapnya: Menparekraf Sandiaga Uno Pastikan Sirkuit Mandalika Siap Jadi Tuan Rumah WSBK 2022

MotoGPSirkuit MandalikaBerita MotoGPWorld Superbike (WSBK)MotoGP 2022

Berita Terkini