Tak Betah Pensiun, Lee Yong-dae Rencanakan Comeback

Minggu, 12 Februari 2017 10:41 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Getty Images
Lee Yong-dae Copyright: © Getty Images
Lee Yong-dae

Setelah sempat memberi kabar mengejutkan saat memutuskan pensiun akhir 2016 lalu, pebulutangkis spesialis ganda asal Korea, Lee Yong-dae, kembali mengejutkan dunia bulutangkis dengan rencana comeback membela Timnas.

Pemain yang pernah menduduki peringkat 1 dunia di nomor ganda putra dan ganda campuran ini mengatakan, ia ingin tampil membela negaranya di ajang olahraga internasional bergengsi.

"Saya masih belum pasti dengan rencana yang akan saya lakukan di masa depan. Tapi kalau semuanya lancar, saya ingin kembali membela Timnas dan bermain selama 3 tahun lagi," kata Lee.


Lee Yong-dae saat tampil bersama Yoo Yeon-seong.

"Saya ingin tampil di ajang Asian Games dan mungkin Olimpiade Tokyo 2020," ucapnya.

Lee Yong-dae pernah tampil sukses saat tampil di ajang Asian Games 2014 saat berpartisipasi di nomor beregu putra. Hanya saja, ia dikalahkan pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat tampil di nomor ganda putra dengan pasangan Yoo Yeon-seong.

Di ajang Olimpiade, atlet 28 tahun itu sukses meraih emas pada Olimpiade 2008 di Beijing, dan medali perunggu di Olimpiade 2012 di London. Secara total, Lee telah mengoleksi 43 gelar dari turnamen Super Series dengan 37 di antaranya berasal dari nomor ganda putra. Namun ia belum pernah meraih gelar juara di ajang World Championship dan selalu berada di posisi dua selama tiga kali penampilan.


Lee Yong-dae saat tampil bersama Yoo Yeon-seong di ajang Olimpiade Rio 2017.

Lee menutup kariernya di Timnas Korea usai tampil di ajang Korea Open pada Oktober 2016 lalu. Lee yang berpasangan dengan Yoo Yeon-seong sukses meraih gelar juara dengan mengalahkan pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen dengan skor 16-21, 22-20, dan 21-18.

Meski pensiun dari Timnas, Lee masih tampil mengikuti sejumlah turnamen dengan status pemain profesional. Ia baru saja mengikuti mengikuti turnamen SS Purple League di Malaysia.