All England 2017

Menangi Perang Saudara, Anthony Ginting Raih Tiket Babak Utama All England

Rabu, 8 Maret 2017 06:54 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PBSI
Anthony Sinisuka Ginting berhasil menembus babak utama tunggal putra All England 2017. Copyright: © PBSI
Anthony Sinisuka Ginting berhasil menembus babak utama tunggal putra All England 2017.

Anthony Sinisuka Ginting akhirnya lolos ke babak utama All England Open 2017. Ini dipastikan setelah ia berhasil memenangkan “perang saudara” dengan rekannya, Ihsan Maulana Mustofa di babak final kualifikasi. Anthony menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-16.

Di set pertama, Anthony sempat tertinggal 0-4 dari Ihsan. Kemudian secara perlahan ia mampu menyamakan kedudukan dan balik memimpin perolehan angka.

Memasuki set kedua, Anthony kembali berada di bawah tekanan Ihsan. Ia terus tertinggal mulai 0-6, 8-13 dan 10-14. Namun, akhirnya Anthony kembali membalikkan keadaan hingga menang dua set langsung.

Anthony menglahkan Ihsan di babak kedua kuialifikasi All England 2017.

Ditemui pasca pertandingan, Anthony mengaku sempat berada dalam tekanan saat berhadapan dengan Ihsan. Beruntung, ia dan Ihsan sering berlatih bersama, sehingga membuatnya secara tidak langsung hapal dengan pola dan kelemahan permainan Ihsan.

“Di awal set pertama dan kedua saya sempat ketinggalan terus dari Ihsan. Saya juga pertama-tama mungkin kurang siap di lapangan. Setelah itu saya genjot terus, lebih inisiatif buat menyerang. Kami kan sudah sering latihan bareng, jadi tadi saya juga banyak mengingat-ingat kebiasaan Ihsan di lapangan, apa kelemahan dia," jelas Anthony seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

"Di samping itu, Ihsan juga banyak buang-buang bola dan mati sendiri pas poin-poin terakhir. Jadi saya mendapat keuntungan,” tambah pemuda berdarah Batak tersebut.

Sebelumnya di babak pertama kualifikasi, Anthony sudah mengalahkan wakil India,  Sourabh Verma dengan skor  21-10, 14-21, dan 22-20. Sementara Ihsan menghentikan langkah pemain Jepang, Kenta Nishimoto dengan skor 21-19, 13-21, dan 21-17. Ini merupakan kemenangan kedua Ihsan atas Nishimoto, setelah sebelumnya juga menang di Chinese Taipei Open 2014 lalu.

Di babak pertama (08/03/17) nanti, Anthony akan berhadapan dengan pebulutangkis asal Taiwan,Chou Tien Chen. Anthony tercatat memiliki sejarah pertemuan yang baik dari Chou. Dua kali bertemu, Anthony selalu bisa memenangkan pertandingan. Terakhir di Australian Open 2016, Anthony menang dengan 21-8 dan 21-12.

Meski secara rekor pertemuan lebih unggul, Anthony mengaku tidak ingin sesumbar dengan mengatakan akan dengan mudah lolos ke ke babak kedua. Untuk itu, Anthony pun menyebut dirinya akan mempelajari pola permainan lawannya tersebut.

Anthony mengaku sudah hapal pola permainan Ihsan.

“Pastinya sudah banyak perubahan dari permainan lawan, sejak pertemuan terakhir. Jadi saya tidak boleh lengah. Saya harus bisa lebih siap lagi secara fisik dan mental. Saya juga sudah mempelajari kembali, permainan dia seperti apa. Apalagi kemarin dia baru juara di Jerman (German Open 2017), jadi rasa percaya dirinya pasti lebih meningkat,” ungkap Anthony.

Keberhasilan Anthony untuk lolos dari babak kualifikasi ini sendiri membuat Indonesia memiliki tiga wakil yang bersaing dari nomor tunggal putra di babak utama All England 2017, yakni Tommy Sugiarto, Sony Dwi Kuncoro, dan Anthony Ginting.