Hati-hati, Kevin/Marcus! Duo Malaysia Incar Kembali Ranking 1 Dunia

Sabtu, 25 Maret 2017 14:35 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Charlie Crowhurst/Getty Images
Ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Copyright: © Charlie Crowhurst/Getty Images
Ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Ganda putra terbaik Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong tergeser dari peringkat satu dunia usai Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjuarai All England 2017.  Pasangan Indonesia yang sebelumnya berada di peringkat lima dunia, langsung merangsek ke posisi satu.

Ganda Malaysia pun bertekad untuk merebut kembali posisi puncak dari tangan Kevin/Marcus. Apalagi keduanya hanya terpaut 584 poin. Goh/Tan menargetkan bisa kembali peringkat satu dalam tiga turnamen terdekat, yakni India Open (28 Maret-2 April), Malaysia Open (4-9 April), dan Singapura Open (11-16 April).

"Itu salah satu tujuan kami dalam tiga turnamen mendatang. Kami akan mencoba di India, jika tidak kami akan lanjut berjuang di rumah kami sendiri dan Singapura. Kami ingin kembali dari kekecewaan di All England, jadi sangat penting untuk mendapat hasil bagus dan mengambil lagi peringkat satu kami," ujar Goh seperti dilansir The Star.

image article indosportGoh V Shem/Tan Wee Kiong saat beraksi.

Goh/Shem telah menjadi ganda putra nomor satu sejak November 2016. Namun turunnya peringkat ini diakui Goh malah membuat tekanan yang membebaninya sedikit berkurang.

"Sebetulnya tak sama sekali buruk (kehilangan peringkat 1). Sekarang bertanding bukan sebagai peringkat satu, kami merasa lebih relaks dan bisa membantu kami lebih fokus. Beban menjadi ranking satu sangat besar," tambahnya.

Baik Goh/Tan maupun Kevin/Marcus akan mengikuti India Open yang akan berlangsung pekan depan. Dalam turnamen ini, Goh/Tan masih tampil sebagai unggulan pertama, sedangkan pasangan Indonesia terdaftar sebagai unggulan empat. Namun di turnamen tahun lalu, Kevin/Marcus keluar sebagai juara, sedangkan pasangan Malaysia hanya sampai babak semifinal.