Resmikan Istora Senayan, Presiden Jokowi Dibuat Kaget karena Hal Ini

Selasa, 23 Januari 2018 18:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Jokowi memberikan pidato sebelum meresmikan Istora Senayan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Jokowi memberikan pidato sebelum meresmikan Istora Senayan.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi menyatakan renovasi Istana Olahraga atau Istora Senayan, Jakarta telah rampung dengan menandatangi prasasti pada Selasa (23/01/18). Peresmian tersebut bersamaan dengan digelarnya even Indonesia Masters 2018 yang terhitung sejak hari ini hingga tanggal 28 Januari mendatang.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan ia cukup tersebut saat masuk kawasan Istora Senayan serta pangling dengan wajah venue yang baru. Jokowi berharap di masa mendatang dengan hadirnya Istora yang baru akan menciptakan pebulutangkis dengan prestasi yang hebat pula.

"Saya betul-betul terkejut saat masuk ke sini ada perubahan total dari Istora dari keadaan sebelumnya. Renovasi besar ini saya lihat mengembalikan pada bangunan awal Istora seperti pada tahun 60-an dan dengan mengucap bismilah dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa renovasi Istora Senayan saya resmikan," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, pasca direnovasi Istora Senayan telah memiliki pencahayaan yang sesuai standar internasional (2000 lumens) begitu pula dengan flooring (karpet dan lantai dasar lapangan) yang dibuat nyaman untuk para atlet. Hal itu pula yang membuat Direktur Turnamen BWF, Darren Parks, menilai hasil renovasi tersebut sudah memenuhi harapan.

Salah satu pebulutangkis dunia, Mads Conrad Petersen dari Denmark tak ketinggalan melontarkan pujian atas tampilan baru Istora Senayan.  Petersen juga kagum lantaran kini venue tersebut memiliki fasilitas yang nyaman dan tetap dekat dengan penonton.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Jokowi memberikan raket kepada para legenda bulutangkis Indonesia di acara peresmian Istora Senayan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPresiden Jokowi memberikan raket kepada para legenda bulutangkis Indonesia di acara peresmian Istora Senayan.

"Iya, kini Istora sangat cantik, sewaktu melihat Istora saat uji lapangan, kami cukup kaget. Dari tempat duduknya, ruang gantinya, menurut saya ini bagus untuk para pemain. Kami tidak sabar bertanding di Istora yang baru. Walaupun masih ada angin, masih susah bermain di Istora. Tetapi atmosfernya tetap sama, penonton sangat dekat ke lapangan," tuturnya.