x

3 Pebulutangkis Top Dunia yang Belum Pernah Juara Indonesia Masters

Rabu, 23 Januari 2019 10:38 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Juara Malaysia Open Super Series Premier 2017, Lin Dan dari China (kanan) berpose dengan Lee Chong Wei di podium saat upacara penghargaan.

INDOSPORT.COM – Turnamen bulutangkis bergengsi BWF World Tour Super 500, Indonesia Masters, telah berjalan sampai edisi ke-9 pada tahun 2019. Sejumlah pebulutangkis top dunia ternyata belum merasa mencicipi juara Indonesia Masters.

Sejak dihelat pada tahun 2010, Indonesia Masters selalu diikuti oleh pebulutangkis hebat dari berbagai penjuru dunia. Namun demikian, tidak banyak dari mereka yang mampu merebut gelar juara dengan mudah.

Indonesia terbukti mendominasi perolehan gelar juara Indonesia Masters dengan total raihan 21 gelar. Tuan rumah selalu mendominasi di sektor ganda putra dan ganda campuran setidaknya dalam 5 edisi terakhir.

Baca Juga

Kenyataan tersebut membuat beberapa pebulutangkis dunia nomor wahid dunia melempem di Indonesia Masters meski berstatus juara dunia.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan 3 pebulutangkis top dunia yang belum pernah juara Indonesia Masters.


1. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei, pebulutangkis Malaysia.

Berstatus sebagai mantan peringkat 1 dunia, Lee Chong Wei ternyata belum pernah mencicipi gelar juara Indonesia Masters. Ia bahkan belum tampil di ajang BWF World Tour Super 500 tersebut.

Lee Chong Wei lebih dominan pada ajang turnamen bulutangkis di Indonesia lainnya, yakni Indonesia Open yang berkategori Super 1000.

Baca Juga

Di ajang Indonesia Open, Lee Chong Wei telah mengoleksi 4 gelar juara pada edisi 2007, 2010, 2013, dan 2016. Indonesia Open juga menjadi turnamen terakhir yang diikuti pebulutangkis asal Malaysia itu sebelum cedera panjang pada tahun pertengahan 2018 dan belum bertanding kembali hingga saat ini.


2. Lin Dan

Lee Chong Wei vs Lin Dan

Mantan pebulutangkis nomor wahid dunia lain yang belum pernah mencicipi juara Indonesia Masters ialah Lin Dan. Keikutsertaannya di turnamen ini tercatat hanya sekali dan berakhir dengan tragis.

Lin Dan pada Indonesia Masters 2018 lalu kalah di babak pertama dari tunggal putra Thailand, Kantaphon Wangcharoen, dua set langsung dengan skor 15-21, 19-21.

Baca Juga

Pada ajang turnamen bulutangkis Indonesia Open, Lin Dan juga tidak pernah meraih gelar juara. Pada edisi 2017, ia juga takluk di babak pertama.


3. Carolina Marin

Carolina Marin jadi juara dunia 2018.

Tunggal putri Indonesia baru sekali meraih gelar juara di ajang Indonesia Masters. Adriyanti Firdasari menjadi nama terakhir yang mencatatkan gelar juara pada edisi 2014 silam.

Sementara itu, Carolina Marin yang baru saja meraih runner up Malaysia Masters 2019 belum pernah juara Indonesia Masters. Ia baru sekali tampil di Indonesia Master tahun lalu dan tersingkir di babak perempatfinal.

Baca Juga

Marin kalah dari tunggal putri asal China, He Bingjiao setelah bertanding tiga set. Sempat mengejar di set kedua, ia kalah dengan skor akhir 19-21, 21-12, 16-21.

Pada gelaran tahun ini, Marin berada di seed 3 dan berpeluang melawan Pusarla Sindhu atau Gregoria Mariska di babak perempatfinal.

Ikuti Terus Berita Indonesia Masters 2019 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Lee Chong WeiBWFLin DanCarolina MarinIndonesia OpenIndonesian Masters 2018TRIVIABulutangkis

Berita Terkini