x

Evaluasi Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di 2019: Prestasi Menurun, Tapi Peringkat Naik, Masalah Mental?

Jumat, 20 Desember 2019 18:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, ganda campuran Indonesia mencatatkan penampilan yang menarik untuk dicermati sepanjang tahun 2019 ini.

INDOSPORT.COM - Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, ganda campuran Indonesia mencatatkan penampilan yang menarik untuk dicermati sepanjang tahun 2019 ini.

Meski belum sehebat tahun-tahun sebelumnya, sektor ganda campuran bulutangkis Indonesia mampu menorehkan prestasi yang cukup baik selama tahun 2019 ini.

Salah satunya seperti yang ditorehkan oleh pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Tolok ukur paling mudah, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mampu mengalami lonjakan peringkat yang signifikan dalam ranking BWF.

Mengawali tahun 2019 dalam peringkat 12 dunia ganda campuran BWF, Hafiz/Gloria mengakhiri tahun 2019 dalam peringkat sembilan.

Menariknya, lonjakan peringkat tersebut didapat Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sekalipun dirinya justru gagal membawa pulang satupun gelar ke tanah air. Sesuatu yang menurun dari capaian mereka tahun 2018 lalu, saat bisa memberikan satu gelar juara dari Thailand Open 2018.

Baca Juga

Hafiz/Gloria yang sebenarnya cukup bisa bersaing dengan pasangan ganda campuran lain di dunia, sering kali harus rela tersingkir saat sudah memasuki fase-fase genting seperti perempatfinal dan semifinal. Setidaknya sembilan kali mereka tersisih saat sudah memasuki babak perempatfinal dan semifinal.

Itu belum termasuk juga saat mereka harus merelakan gelar juara German Open 2019 yang sudah di depan mata, saat kalah dari pasangan Korea Selatan, Seo Seung-jae/Chae Yu-jung.

Mental Juara

Melihat catatan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sepanjang tahun 2019 ini, bisa diasumsikan singkat bahwa keduanya masih memiliki kekurangan dalam hal mental juara.

Di laga-laga krusial yang menentukan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja kerap harus mengaku kalah. Bahkan sering kali, kekalahan itu tercipta dalam pertandingan dua set langsung.

Hanya dua kali Hafiz/Gloria bisa memaksakan pertandingan tiga set ke lawannya dalam sembilan kali keberhasilannya menembus perempatfinal dan semifinal.

Padahal jika melihat kualitas, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja masih sangat mampu mengimbangi pasangan-pasangan di atasnya. Seperti misalnya ketika mereka sempat bisa mengalahkan Praveen Jordan/Melati Daeva dan juga pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Baca Juga

Selain itu meski gagal meraih juara satupun, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja masih mampu mengulangi keberhasilannya menembus BWF World Tour Finals 2019, mengulangi apa yang mereka lakukan tahun lalu. Kendati juga hasilnya masih sama, tersingkir di fase grup.

Maka dari itu, harapannya di tahun 2020 nanti Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja bisa lebih meningkatkan daya juang dan mental bertandingnya di babak-babak krusial. Demi bisa menorehkan prestasi yang lebih baik buat Indonesia. Juga terus bersaing dengan pasangan ganda campuran tanah air yang mulai meroket, Praveen Jordan/Melati Daeva.

BWFPraveen Jordan/Melati DaevaRaketHafiz Faizal/Gloria Emanuelle WidjajaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini