x

'Kedekatan' Mendiang Markis Kido dengan Thierry Henry

Selasa, 15 Juni 2021 13:55 WIB
Editor: Juni Adi
Lukhi Apri Nugroho/Tedi Supriadi mengembalikan kok atas serangan Markis Kido/Hendra Aprida Gunawan.

INDOSPORT.COM - Olahraga bulutangkis dunia khususnya Indonesia tengah berduka, setelah salah satu atlet terbaiknya Markis Kido meninggal dunia pada Senin (14/06/21) kemarin.

Pebulutangkis spesialis ganda putra tersebut berpulang menghadap Allah SWT setelah mengalami serangan jantung, saat bermain bulutangkis di Tangerang.

Informasi tersebut disampaikan oleh mantan pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Yuni Kartika.

"Iya, Markis meninggal karena serangan jantung pas lagi main bulutangkis," tutur Yuni Kartika melalui pesan singkat kepada INDOSPORT.com.

Baca Juga
Baca Juga

Kepergian Markis Kido tentu mengejutkan publik Tanah Air termasuk pada pecinta bulutangkis. Sebab, dirinya cukup lama tidak terdengar kabarnya oleh media setelah memutuskan pensiun pada tahun...

Kendati demikian, sosok Markis Kido tetap dikenal publik sebagai salah satu legenda bulutangkis Indonesia.

Hal itu berkat prestasi yang pernah diraihnya bersama rekan duetnya, Hendra Setiawan, sehingga mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

Adapun beberapa prestasi yang pernah diraihnya adalah menjadi juara dunia bulutangkis tahun 2007 dan yang paling fenomenal adalah merebut medali emas Olimpiade Beijing 2008, dan medali emas Asian Games 2010 di China.

Setelah memutuskan pensiun, kegiatan Markis Kido masih tak jauh dari lapangan bulutangkis. Ia saat ini menjadi pelatih ganda putra U-15 dan U-17 di klub yang membesarkan namanya, PB Jaya Raya.


1. Kedekatannya dengan Thierry Henry

Momen Thierry Henry mencetak gol ke-100 untuk Arsenal dalam pertandingan Liga Inggris kontra Birmingham City, 12 Januari 2003.

Semasa hidupnya, Markis Kido ternyata tidak hanya menyukai bulutangkis sebagai satu-satunya cabang olahraga yang digemarinya. 

Pria kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1984 itu juga menyukai sepak bola. Kedekatannya dengan dunia Si Kulit Bundar dijembatani oleh mantan pesepakbola asal Prancis, Thierry Henry.

Diketahui Markis Kido sangat mengidolai Henry sejak sang pemain membela Arsenal. Meski kedekatan keduanya hanya sebatas penggemar dengan idolanya, namun bukan berarti nama Henry tidak mendapat tempat di hati Markis Kido.

Karena berkat Henry, Markis Kido mulai menyukai dan memperhatikan perkembangan dunia sepak bola. Sehingga membuat dirinya rela berganti mendukung klub, dari penggemar Arsenal menjadi penggemar Barcelona setelah mengetahui Thierry Henry hijrah ke Camp Nou tahun 2007.

Baca Juga
Baca Juga

"Memang senang sama Henry ya. Dulu di Arsenal, dia pindah saya pindah juga," ujar Markis Kido dikutip dari Warta Kota.

Tak hanya klub luar negeri, Markis Kido juga punya satu klub lokal yang digemarinya. Sebagai orang asli Jakarta, dirinya tentu mendukung tim ternama asal Ibu Kota, Persija.

"Saya suka Persija (Jakarta) juga dong," tambahnya. 

Talenta dalam dunia bulu tangkis juga mengalir dalam keluarganya. Markis Kido merupakan kakak kandung dari Bona Septano dan Pia Zebadiah Bernadet yang juga penghuni pelatnas Cipayung. 

Bona merupakan pemain ganda putra yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan. Sedangkan adiknya, Pia adalah pemain ganda campuran yang saat ini berpasangan dengan Fran Kurniawan. 

Hendra SetiawanPersija JakartaMarkis KidoThierry HenryBulutangkis

Berita Terkini