x

Jadi Monster di Ganda Campuran, Dechapol/Sapsiree Beberkan Kunci Sukses

Jumat, 4 Februari 2022 16:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Bertahta di puncak ranking ganda campuran hingga dijuluki monster, pebulutangkis Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, beberkan kunci sukses.

INDOSPORT.COM – Bertakhta di puncak ranking ganda campuran hingga dijuluki monster, pebulutangkis Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, beberkan kunci sukses.

Diketahui, mulai Selasa (7/12/21), Dechapol/Sapsiree secara resmi menduduki ranking satu dunia. Capaian itu berhasil meruntuhkan dominasi Zheng Siwei/Huang Yaqiong di puncak ranking sejak 8 Desember 2018.

Hasil itu tak lepas dari kegemilangan Dechapol/Sapsiree sepanjang 2021 yang mencapai sembilan final turnamen bulutangkis, dengan tujuh gelar di tangan.

Yakni  Yonex Thailand Open 2021, Toyota Thailand Open 2021, World Tour Finals 2020, Hylo Open 2021, Indonesia Masters 2021, Indonesia Open 2021, World Tour Finals 2021, dan Kejuaraan Dunia 2021.

Sementara turnamen bulutangkis yang tidak dimenangi Dechapol/Sapsiree pada 2021 adalah Denmark Open 2021 dan perempat final Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Dari rentetan kegemilangannya itu, tak pelak membuat duet Dechapol/Sapsiree dijuluki ‘monster’ atau musuh menakutkan bagi para pebulutangkis dunia lainnya.

Terlepas dari itu, hal yang didapatkan oleh Dechapol/Sapsiree saat ini bukanlah didapat dengan mudah. Banyak kerja keras yang telah dilaluinya.

Melansir laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Dechapol/Sapsiree membeberkan kunci sukses keduanya untuk menjadi ganda campuran pertama Thailand yang menduduki ranking satu dunia.

Terlebih, pertandingan beruntun sangatlah tidak mudah bagi para pebulutangkis manapun. Termasuk Sapsiree yang saat ini sudah menginjak usai 29 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

“Butuh banyak kerja keras. Banyak latihan. Kami berlatih selama berjam-jam sehari. Saya di gym selama berjam-jam. Saya harus makan dengan benar, dan saya harus lebih kuat secara mental,” kata Sapsiree.

Pebulutangkis kelahiran Udontani Thailand itu juga menuturkan kunci sukses lain. Tak lain  ketika dia berusaha terus menjaga hubungan baik dengan partnernya, Dechapol.

“Kunci kesuksesan kami adalah karena kami menjaga komunikasi selama pertandingan dan sebelum pertandingan seperti bagaimana bermain dengan lawan kami,” imbuh Sapsiree.


1. Saling Menyemangati Pasangan

Selain menjaga komunikasi dengan Dechapol, Sapsiree juga menyemangati partnernya di saat pertandingan bulutangkis.

Selain menjaga komunikasi dengan Dechapol, Sapsiree juga menuturkan bahwa dia selalu memberikan semangat kepda sang partner. Begitupun Dechapol yang memberi semangat kepadanya.

“Selama pertandingan, kami berbicara tentang apa yang baik dan buruk. Terkadang saya memberi tahu Bas (Dechapol), lepas dan selesaikan poin ini. Jangan pikirkan masa depan, pikirkan yang sekarang, ini kerja sama tim yang bagus,” pungkas Sapsiree.

BulutangkisDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis Thailand (BAT)

Berita Terkini