x

Tanpa Leani Ratri Oktila, Tim Bulutangkis Indonesia Targetkan 6 Emas di Asean Para Games 2022

Kamis, 3 Maret 2022 15:52 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Juni Adi
Tanpa diperkuat Leani Ratri Oktila yang sedang cuti hamil, tim para-bulutangkis Indonesia menargetkan total enam medali emas Asean Para Games (APG) 2022.

INDOSPORT.COM – Tanpa diperkuat Leani Ratri Oktila yang sedang cuti hamil, tim para-bulutangkis Indonesia  menargetkan total enam medali emas Asean Para Games (APG) 2022.

Sebagai informasi, Indonesia resmi terpilih sebagai tuan rumah Asean Para Games 2022 yang akan dihelat pada 20-31 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Solo resmi ditetapkan sebagai tuan rumah Asean Para Games 2022 sebagaimana tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan Asean Para Sports Federation (APSF) pada 14 Januari 2022 lalu.

Indonesia sendiri memiliki prestasi gemilang di ajang Asean Para Games. Pada edisi 2017 lalu, Indonesia tampil sebagai juara umum dengan meraih 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Baca Juga
Baca Juga

Cabang olahraga para-bulutangkis kerap menjadi lumbung medali bagi Indonesia. Banyak atlet-atlet Indonesia bertebaran di kancah internasional.

Seperti halnya Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dan Hari Susanto/ Leani Ratri Oktila yang menyabet medali emas Paralimpiade Tokyo 2020 lalu.


1. Target Gelar Tanpa Leani Ratri Oktila

NPC Indonesia akan menargetkan enam emas bagi total 19 atlet para-bulutangkis Indonesia di ajang Asean Para Games 2022.

Sayangnya, Leani Ratri Oktila absen di Asean Para Games 2022 lantaran cuti hamil. Dia akan kembali berkompetisi pada Asian Para Games (APG) 2022 di Hangzhou China Oktober mendatang.

“Cutinya Ratri karena hamil memang pengaruh besar bagi tim bulutangkis NPC (National Paralympic Committe) Indonesia,” kata kata Nurrachman, kepala pelatih para-bulutangkis Indonesia melansir Antara.

Baca Juga
Baca Juga

Karena Ratri sendiri setidaknya bisa menyumbangkan tiga emas pada APG XI. Kendati demikian, NPC Indonesia akan menargetkan enam emas bagi total 19 atlet para-bulutangkis Indonesia di ajang Asean Para Games 2022.

“Dari 19 atlet bulutangkis NPC Indonesia ini, terdiri dari 15 putra dan 4 putri yang rencananya mengikuti enam kelas wheelchair, upper lower, dan SS6,” sambung Nurrachman.

Baca Juga
Baca Juga

“Namun, NPC Indonesia ditargetkan bisa meraih emas Indonesia pada kelas Lower, Apper, dan SS6,” jelas Nurrachman mengakhiri pernyataan.

Terkait target enam gelar di Asean Para Games 2022, ada enam atlet para-bulutangkis yang diharapkan bisa memenuhi misi juara tersebut.


2. Harapan Khalimatus Sadiyah

Khalimatus Sadiyah dan 18 atlet para-bulutangkis Indonesia lainnya mengikuti pelatnas persiapan Asean Para Games 2022 di gedung Fakultas Keolahragaan (FKOR), UNS Manahan Solo.

Enam atlet yang ditarget gelar adalah tunggal putri, Warining Rahayu, di kategori SU5.  Kemudian pasangan ganda campuran, Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah (SL4), dan tunggal putri  Khalimatus Sadiyah (SL4).

Selain itu ada ganda putra Deva Anrimusthi/Hafiz Brilliansyah (SU5), tunggal putra Fredy Setiawan (SL4), dan ganda putra Fredy Setiawan/Dwiyoko (SL3-4).

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai salah satu andalan tim para-bulutangkis Indonesia, Khamilatus Sadiyah mengaku siap untuk tampil  di Asean Para Games 2022. Dia juga terus latihan rutin untuk yang terbaik bagi Indonesia.

“Saya selain bermain di tunggal putri, juga ganda meskipun tidak berpasangan dengan Leani Ratri Oktilla, peraih medali emas di Paralimpiade Tokyo 2020,”kata Khalimatus Sadiyah.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya juga akan turun di nomor ganda campuran (dengan Fredy Setiawan) dan ganda putri. Saya ingin yang terbaik untuk Indonesia,” pungkas Khalimatus Sadiyah.

Khalimatus Sadiyah dan 18 atlet para-bulutangkis Indonesia lainnya mengikuti pelatnas persiapan Asean Para Games 2022 di gedung Fakultas Keolahragaan (FKOR), UNS Manahan Solo.

Leani Ratri OktilaASEAN Para GamesBulutangkisBerita BulutangkisNPC Indonesia

Berita Terkini