x

Wakil India Tak Hadir, Tunggal Putra Tuan Rumah Mulus ke 16 Besar Korea Masters

Selasa, 12 April 2022 13:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Tunggal putra tuan rumah, Heo Kwang-hee, langsung lolos ke babak 16 besar Korea Masters 2022 setelah lawannya dari India tak hadir di pertandingan 32 besar.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra tuan rumah, Heo Kwang-hee, langsung lolos ke babak 16 besar Korea Masters 2022 setelah lawannya dari India tak hadir di pertandingan, Selasa (12/04/22).

Heo Kwang-hee sejatinya dijadwalkan menghadapi pemain asal India, Chirag Sen, di babak pembuka turnamen Super 300 Korea Masters 2022 yang berlangsung hari ini.

Baca Juga

Wakil tuan rumah yang menjadi unggulan kelima di ajang tersebut dilaporkan sudah tiba di court 2 Gwangju Women's University Stadium, kota Gwangju, untuk melakoni pertandingan tersebut.

Akan tetapi setelah ditunggu-tunggu, Chirag Sen tak menampakkan batang hidungnya sama sekali di lapangan.

Hal tersebut sempat menjadi sorotan seorang BL di Twitter, @madam_tepe, yang menyoroti kondisi lapangan court 2 yang masih sepi.

Baca Juga

Dalam foto yang diunggah akun tersebut, terlihat Heo Kwang-hee masih menunggu di lapangan di temani dua hakim garis yang akan bertugas di pertandingan tersebut.

“Hal teraneh terjadi di court 2 Korea Masters 2022, lawan Heo (Kwang-hee), Chirag Sen, entah bagaimana belum muncul di lapangan sampai sekarang,” tulis @madam_tepe.

Baca Juga

Nampaknya, ketidakhadiran Chirag Sen tersebut tanpa diembel-embeli dengan keterangan apa pun sebelumnya. Sehingga, Heo Kwang-hee mengira laga itu bakal berjalan normal.

Alhasil, wasit pertandingan menyatakan bahwa Chirag Sen mengundurkan diri dari turnamen dan memberikan kemenangan otomatis untuk Heo Kwang-hee.


1. Penyebab India Mundur dari Korea Masters 2022

Logo Gwangju Korea Masters 2022.

Dengan demikian, Heo Kwang-hee dipastikan langsung lolos ke babak 16 besar Korea Masters. Dia bakal menghadapi pemain Malaysia, Song Joo Ven pada hari Kamis (14/04/22) besok.

Usut punya usut, rupanya Chirag Sen bukan satu-satunya wakil India yang tak muncul di pertandingan Korea Masters 2022 hari ini.

Baca Juga

Wakil India lainnya yakni tunggal putri Tanya Hemanth juga tidak hadir di court 1 ketika dirinya dijadwalkan menghadapi pemain asal Singapura, Yeo Jia Min.

Tidak hadirnya dua wakil India di pertandingan Korea Masters 2022 ini disinyalir karena keduanya mengundurkan diri agar bisa mengikuti seleksi ke Piala Thomas dan Uber pada Mei mendatang.

Sebagaimana diketahui, Federasi Badminton India (BAI) awal bulan lalu  merilis pengumuman bahwa mereka akan menggelar “Selection Trials” di New Delhi pada 15-20 April mendatang.

Seleksi tersebut bertujuan mencari pemain untuk tampil di Thomas dan Uber Cup (8-15 Mei), Commonwealth Games (28 Juli-8 Agustus), Asian Games (10-25 September), dan timnas BAI.

Baca Juga

BAI akan memberikan greencard kepada pemain di posisi 15 besar dunia per 29 Maret 2022 dengan tidak mengikuti seleksi dan dipastikan jadi bagian inti

Maka, Lakhsya Sen dan Kidambi Srikanth (tungal putra), Pusarla V Sindhu (tunggal putri), Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy (ganda putra), otomatis terpilih.

Sementara untuk pemain Top 16 s.d. 50 dunia, harus mengikuti seleksi yang diadakan BAI demi dapat tempat di tim India yang akan dikirim ke berbagai kejuaraan tersebut.

Baca Juga

Oleh karena itu, BAI dalam pernyataannya siap menanggung konsekuensi dari seleksi, termasuk membayar denda atlet yang absen dari Korea Masters 2022 pada 12-17 April pekan ini.

“Dikarenakan tanggal seleksi bertepatan dengan Korea Masters 2022, seluruh pemain India yang terdaftar harus membayar denda dan itu akan diganti BAI.”


2. Drawing India di Piala Thomas & Uber

Piala Thomas dan Uber.

Sebagai informasi, tim putra India tergabung di Grup C Thomas Cup 2022 bersama dengan Taiwan, Jerman, dan Kanada. 

Sedangkan untuk tim putri, berada di Grup D Uber Cup 2022 bersama dengan Korea Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat.

Korea SelatanIndiaBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis India (BAI)Korea Masters 2022Heo kwang-hee

Berita Terkini