x

Hasil Final BAC 2022: Kalah dari Lee Zii Jia, Catatan Apik Jonatan Christie Tercoreng

Minggu, 1 Mei 2022 17:27 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie gagal mengalahkan Lee Zii Jia di babak final Badminton Asia Championship (BAC) 2022, Minggu (01/05/22). Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie gagal mengalahkan Lee Zii Jia di babak final Badminton Asia Championship (BAC) 2022, Minggu (01/05/22).

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Jonatan Christie kalah dalam dua gim langsung di babak final Badminton Asia Championship dengan skor 17-21, 21-23 dalam tempo 45 menit.

Baca Juga

Pertandingan ketat tersaji pada awal pertandingan babak final Badminton Asia Championship. Skor imbang tersaji sejak kedudukan 2-2 hingga 4-4.

Akan tetapi, beberapa kali Jonatan Christie melakukan pengamatan yang kurang cermat sehingga Lee Zii Jia mampu menorehkan tiga poin beruntun.

Baca Juga

Setelah itu Jojo menambah beberapa poin, namun masih kesulitan keluar dari tekanan Zii Jia. Alhasil pebulutangkis tunggal putra Malaysia itu berhasil mencapai interval 9-11 di gim pertama babak final Badminton Asia Championship.

Pasca interval, Jonatan Christie mulai mengeluarkan jurus jumping smash andalannya. Upaya tersebut membuat Jojo mampu menyamakan kedudukan dengan skor 13-13.

Akan tetapi, lagi-lagi pengamatan Jojo kurang cermat, Lee Zii Jia mencetak enam poin beruntun. Jarak poin yang terbentang lebar membuktikan bahwa wakil Indonesia itu kewalahan melawan Lee Zii Jia.

Baca Juga

Kerja keras Zii Jia berbuah manis, skor 17-21 ditorehkan setelah pukulan kerasnya tidak bisa dikembalikan oleh Jonatan Christie.

Sempat tertinggal di gim pertama, Jonatan Christie tampil dengan semangat membara di gim kedua babak final Badminton Asia Championship.


1. Perjuangan Lee Zii Jia Berbuah Manis

Pebulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia.

Jonatan Christie meraih tiga poin beruntun di awal gim keduua. Akan tetapi setelah itu Lee Zii Jia mampu menyamakan kedudukan 3-3.

Baca Juga

Skor imbang bertahan hingga 10-10, pertarungan ketat benar-benar terasa di gim kedua. Tambahan satu poin Lee Zii Jia mengantarkan mencapai interval dengan skor 10-11.

Pasca interval, kejar-kejaran skor kembali terjadi. Skor imbang tersaji di kedudukan 13-13 hingga 16-16. Setelah itu Lee Zii Jia mendapatkan tiga poin beruntun lantaran Jonatan Christie melakukan pengamatan yang kurang cermat.

Baca Juga

Tak mau tinggal diam, Jojo berusaha keras menyamakan kedudukan hingga 19-19. Jojo kemudian mengeluarkan jurus jumping smash keras yang membuat Lee Zii Jia tak berdaya.

Match poin 20-19 digenggam Jojo, namun Lee Zii Jia mengandaskan impian wakil Indonesia untuk merebut kemenangan di gim kedua.


2. Catatan Apik Jonatan Christie Tercoreng

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di BAC 2022. Foto: PBSI

Dengan demikian, Lee Zii Jia sukses menyabet gelar juara Badminton Asia Championship setelah berjuang selama 45 menit.

Jonatan Christie pun harus mengakui bahwa catatan apiknya harus tercoreng. Tunggal putra Indonesia itu sebelumnya unggul 4-1 secara head to head.

Akan tetapi, kini catatan apik itu harus tercoreng menjadi 4-2 atas Lee Zii Jia. Jojo menelan dua kekalahan beruntun atas Zii Jia, sebelumnya wakil Indonesia itu juga keok pada babak pertama All England 2020.

Baca Selengkapnya: Final BAC 2022: Akui Jonatan Christie Sebagai Lawan Berat, Lee Zii Jia Lakukan Persiapan Khusus

Jonatan ChristieBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisLee Zii Jia

Berita Terkini