x

Tampil Apik di BAC, Bintang Muda Indonesia Bikin Pelatih Malaysia Ketar-ketir Jelang SEA Games

Selasa, 3 Mei 2022 11:18 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Rebut medali perunggu di Badminton Asia Championship (BAC) 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo bikin direktur kepelatihan Malaysia ketar-ketir jelang SEA Games 2021. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Rebut medali perunggu di Badminton Asia Championship (BAC) 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo bikin direktur kepelatihan Malaysia ketar-ketir jelang SEA Games 2021.

Chico Aura Dwi Wardoyo tampil gemilang saat berlaga di Badminton Asia Championship (BAC) 2022. Berstatus non unggulan, ia malah sukses merebut medali perunggu.

Baca Juga

Kejutan Chico sudah diawali sejak babak pertama. Menghadapi unggulan pertama yakni Kento Momota, Chico menang rubber game 17-21 21-17 21-7.

Berikutnya di babak kedua alis 16 besar, Chico yang berperingkat 52 dunia lagi-lagi menyingkirkan pemain yang peringkatnya ungguh jauh dari dirinya yakni Lee Cheuk Yiu.

Peringkat 17 dunia asal Hong Kong itu dikalahkan Chico dalam dua set langsung dengan skor ketat 21-19 22-20.

Baca Juga

Chico kemudian melaju terus ke semifinal usai menyingkirkan pemain China, Li Shifeng, juga dengan dua set langsung.

Langkahnya di BAC baru terhenti di semifinal ketika ia dikalahkan senior sekaligus rekan senegaranya, Jonatan Christie.

Ketika itu pun, ia mampu menyulitkan Jonatan Christie dengan memaksa seniornya itu bermain hingga rubber game sebelum Jojo menang 21-9 18-21 21-16.

Baca Juga

Penampilan apik Chico Aura Dwi Wardoyo di Badminton Asia Championship (BAC) 2022 ini pun menarik perhatian sejumlah pihak.

Bahkan, sorotan juga datang dari petinggi asosiasi bulutangkis Malaysia (BAM) yakni Wong Choong Hann yang menjabat direktur kepelatihan untuk nomor tunggal.


1. Diwaspadai Malaysia di SEA Games

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo di BAC 2022. Foto: PBSI

Wong Choong Hann menilai Chico Aura telah menunjukkan peningkat pesat saat tampil di BAC 2022, dibandingkan saat tampil di Kejuaraan Beregu Asia pada Februari lalu.

“Dia berkembang pesat sejak kami melihatnya di Kejuaraan Beregu Asia (Februari),” ujar direktur kepelatihan BAM itu seperti dilansir The Star.

Baca Juga

"Dia telah menunjukkan permainan kelas atas dalam mengecewakan beberapa nama besar,” lanjut Wong Choong Hann.

Lebih lanjut, ia pun menyebut Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi salah satu nama yang patut diwaspadai di SEA Games 2021 yang akan digelar dalam waktu dekat.

“Kami menganggapnya sebagai ancaman, bahkan hingga setelah SEA Games. Kami akan memperhatikannya dan akan meningkatkan kekuatan pemain kami untuk menghadapinya,” pungkasnya.

Baca Juga

Seperti diketahui, Chico Aura memang akan menjadi andalan bulutangkis Indonesia di SEA Games mengingat absennya sejumlah pemain senior karena gelaran Piala Thomas yang berdekatan.

Dengan penampilan apiknya di BAC, ia pun menjadi salah satu kandidat kuat untuk merebut medali emas di ajang tersebut.

Apalagi, sejumlah nama besar dari negara lain juga absen seperti tunggal putra andalan Malaysia, yakni Lee Zii Jia.

Baca Juga

Padahal, Lee Zii Jia adalah peraih medali emas di nomor tunggal putra pada SEA Games 2019 lalu. Akibatnya, Malaysia pun juga menurunkan sejumlah pemain mudanya.

Dari Malaysia, nama-nama yang akan menjadi pesaing Chico Aura Dwi Wardoyo di SEA Games 2022 di antaranya Justin Hoh, Jacky Kok Jing Hong, Lim Chong King, dan Lee Shun Yang.


2. Raih Perunggu di BAC 2022 Usai Dikalahkan Jonatan Christie, Chico Aura Puas

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo. Foto: PBSI

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo mengaku puas dengan pencapaiannya meraih medali perunggu di Badminton Asia Championship (BAC) 2022.

Chico Aura Dwi Wardoyo, terhenti di semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022, setelah dikalahkan rekannya sesama pemain pelatnas, Jonatan Christie.

PP PBSI menyebutkan, pencapaian Chico dengan medali perunggu pada kejuaraan perorangan ini, merupakan hasil yang luar biasa. Atlet kelahiran Jayapura tersebut cukup puas dengan penampilannya.

Dalam pertandingan empat besar di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Jojo mengatasi juniornya itu melalui rubber game 21-9, 18-21, 21-16.

Walaupun gagal meraih medali emas di BAC 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo mengaku sudah mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Baca selengkapnya: Raih Perunggu di BAC 2022 Usai Dikalahkan Jonatan Christie, Chico Aura Puas  

Badminton Asia ChampionshipsChico Aura Dwi WardoyoBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita BulutangkisSEA Games 2021Wong Choong HannBadminton Asia Championships 2022

Berita Terkini