x

Piala Uber 2022: Sampai Melongo, Media China Ikut Soroti Drama Kemenangan Bilqis Atas Akane

Kamis, 12 Mei 2022 08:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Media lokal China, Aiyuke, soroti kejutan yang diciptakan oleh rising star Indonesia, Bilqis Prasista, usai menumbangkan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022.

INDOSPORT.COM –  Media lokal China, Aiyuke, soroti kejutan yang diciptakan oleh rising star Indonesia, Bilqis Prasista, usai menumbangkan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022.

Pada Rabu (11/5/22), media Aiyuke menyoroti momen saat Akane Yamaguchi berhadapan dengan pebulutangkis Indonesia ranking 333 dunia, Bilqis Prasista, di fase penyisihan Grup A.

Baca Juga

Pertandingan kemarin yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok tersebut, menjadi partai penentuan juara grup antara Indonesia vs Jepang.

Bilqis Prasista yang didapuk sebagai tunggal putri pertama Indonesia untuk pertama kalinya dalam kariernya, harus berhadapan dengan Akane Yamaguchi yang diketahui menduduki ranking 1 dunia.

Meski tak unggul dari segi ranking dan pengalaman, siap sangka jika putri dari legenda bulutangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana tersebut, sukses membuat Akane Yamaguchi kocar- kacir.

Baca Juga

Fantastisnya lagi, Bilqis Prasista sukses meraih kemenangan hanya dengan straight game pada skor identik 21-19 dan 21-19.

Kemenangan itu menjadi bersejarah dan terbesar dalam karier Bilqis Prasista yang masih berusia 19 tahun. Terakhir, dia juga menyabet gelar juara di Bangladesh Junior International Series 2021.

Meski pada akhirnya Indonesia kalah 1-4 atas Jepang, namun Bilqis Prasista menjadi trending topic di media sosial.  Hal itu pun yang membuat media China, Aiyuke, tak bisa berkata-kata soal Bilqis Prasista.

Baca Juga

Media China secara khusus menulis headline, “Bagaimana Bisa Pemain Berusia 18 Tahun, Ranking 333 Dunia, Mengalahkan Juara Dunia?.”

“Selama berada di lapangan bulutangkis, segala sesuatu mungkin terjadi. Apa pun bisa dicapai," demikian yang tertulis dalam berita yang dirilis Aiyuke.


1. Netizen China Ikut Kagumi Bilqis Prasista

Netizen China ikut memuji penampilan Bilqis Prasista yang digadang kian cerah di masa depan.

Usai media Aiyuke memuji penampilan mentereng Bilqis Prasista melawan Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022, banyak netizen China menyertakan beragam komentar di sana.

 “Genetika sangat kuat, tidak boleh diremehkan di masa depan,” @fishflying

“Tak bisa berkata-kata,” komentar @yongchuan

Baca Juga

Terlepas dari beragam pujian yang mengalir, diketahui bahwa Bilqis Prasista dkk dijadwalkan akan berjumpa dengan China di babak perempat final Piala Uber 2022.

Berdasarkan line up di Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Bilqis Prasista akan kembali diturunkan Indonesia untuk menghadapi China di perempat final.

Bilqis Prasista akan turun di partai kedua menghadapi He Bing Jiao yang tak kalah tokcer usai menyabet dua gelar sepanjang 2022 (German Open dan Korea Masters).

Baca Juga

Selain itu, penyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Chen Yu Fei juga akan berhadapan dengan rising star Indonesia lainnya, yaitu Komang Ayu Cahya Dewi.

Juara Badminton Asia Championship 2022, Wang Zhi Yi, juga akan berjumpa dengan pebulutangkis tunggal putri junior Indonesia, Siti Sarah Azzahra di partai kelima.

Laga perempat final Piala Uber 2022 antara Indonesia vs China, akan berlangsung pada Kamis (12/05/22) pukul 09.00 WIB.

Baca Juga

Siapapun yang meraih kemenangan, akan berhak lolos ke babak semifinal Piala Uber 2022. China sebagai juara bertahan, sangat difavoritkan untuk kembali mendulang sukses.

Namun, tim dengan status kuda hitam seperti Indonesia, juga peluang lebar untuk melangkah lebih jauh dan melahirkan beragam kejutan.


2. Profil Bilqis Prasista

Profil Bilqis Prasista, putri legenda bulutangkis Joko Supriyanto dan Zelin Resiana.

Berikut adalah selengkapnya profil Bilqis Prasista, penakluk Akane Yamaguchi di babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022.

Bilqis Prasista lahir pada 24 Mei 2003 lalu di Magelang, Jawa Tengah. Darah bulutangkis rupanya sudah mengalir dalam darahnya sedari kecil, karena kedua orang tuanya merupakan mantan legenda bulutangkis Indonesia.

Kedua orang tuanya adalah Joko Supriyanto dan Zelin Resiana. Joko Supriyanto merupakan mantan pemain pelatnas PBSI di era 90an.  Salah satu prestasi tertingginya adalah menjadi juara dunia 1993 di tunggal putra.

Sementara Zelin Resiana juga aktif di medio 90an dan masuk dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis Prasista sendiri membela klub PB Djarum, kemudian ditarik ke Pelatnas PBSI setelah talentanya tercium untuk dikembangkan di level internasional pada 2020 lalu.
 

Baca selengkapnya: Profil Bilqis Prasista, Si 'Pembunuh' Raksasa Akane Yamaguchi Berjiwa Tenang

 

Piala UberChinaBulutangkisBerita BulutangkisTim Bulutangkis IndonesiaBilqis Prasista

Berita Terkini