x

Hans-Kristian Vittinghus, Pebulu Tangkis Denmark yang Jago Bahasa Indonesia Umumkan Pensiun

Selasa, 24 Mei 2022 08:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus.

INDOSPORT.COM - Hans-Kristian Solberg Vittinghus, atlet bulutangkis asal Denmark yang jago berbahasa Indonesia, umumkan rencana pensiun melalui akun Twitter-nya.

Hans-Kristian Vittinghus adalah salah satu pebulu tangkis tunggal putra senior. Satu dari banyak pencapaian Hans adalah membawa Denmark menjuarai Piala Thomas 2016.

Baca Juga

Selain itu, salah satu hal yang membuat atlet 36 tahun itu populer, karena ia juga menunjukkan ketertarikannya dengan Indonesia, bahkan ikut belajar bahasa Indonesia.

Tapi, setelah mencapai level senior, dan regenerasi tunggal putra Denmark mulai terlihat lewat Viktor Axelsen dan Anders Antonsen, Hans akhirnya dapat keputusan.

Ia mengaku akan segera pensiun, tepatnya pada tahun 2023 mendatang. Hal itu sudah ia umumkan pada Senin (23/05/22) malam.

Baca Juga

"Saya pensiun! Tidak sampai beberapa waktu tahun depan!" tulis Hans-Kristian Vittinghus melalui laman Twitter-nya.

"Tetapi beberapa minggu yang lalu saya sampai pada kesimpulan bahwa 2023 akan menjadi yang terakhir saya di World Tour."

"Kapan tepatnya saya akan berhenti, masih harus diputuskan lagi, karena saya bekerja dengan skenario berbeda, dan tergantung pada berbagai faktor yang berbeda juga."

Baca Juga

Walau baru pensiun pada tahun 2023 nanti, tapi Hans-Kristian Vittinghus punya alasan khusus mengapa ia berani mengumumkan hal itu pada pertengahan tahun 2022 ini.

"Yah, karena keputusan telah dibuat dan saya seratus persen yakin itu langkah yang tepat untuk saya, saya tidak melihat ada gunanya merahasiakannya," jelas Hans.


1. Jelang Pensiun, Hans Minta Masukan Netizen

HK Solberg Vittinghus saat berlaga di lapangan.

Setelah atlet tunggal putra Denmark mulai menguasai hegemoni tertinggi bulutangkis dunia, Hans-Kristian Vittinghus akhirnya mantap memutuskan untuk pensiun.

Tentu tidak sekarang, melainkan tahun 2023 nanti. Masih ada waktu bagi Hans-kristian Vittinghus untuk meraih berbagai prestasi.

Namun, Hans memilih untuk mengumumkan rencana pensiun jauh-jauh hari. Ia berharap bisa mendapat masukan, apa yang harus ia lakukan setelah benar-benar pensiun nanti.

Baca Juga

"Tapi saya juga percaya mengumumkannya sekarang, memberi saya jalur terbaik untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan setelah saya selesai berjuang di lapangan."

Selama menunggu masa pensiun, Hans mengaku tidak memiliki target khusus. Saat ini ia bertengger di peringkat 21 dunia, dan jika ada peluang, ia ingin tetap berprestasi.

Baca Juga

"Saya akan punya waktu sekarang, untuk merenungkan pilihan saya dan melihat ke mana nasib membawa saya saat waktunya tiba tahun depan," ujar Hans-Kristian.

"Motivasi saya masih ada untuk mencapai hal-hal hebat selama sekitar satu tahun ke depan, dan tubuh saya juga merasa baik."

Baca Juga

"Jadi, semoga saya dapat menikmati bagian terakhir dari karier internasional saya dengan cara terbaik, dan masih dengan banyak dukungan dari kalian!" pungkasnya.

Selain Hans-Kristian Vittinghus, rumornya atlet bulutangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii, juga akan mengumumkan rencana pensiun dalam waktu dekat.


2. Hans Belajar Bahasa Indonesia

HK Solberg Vittinghus saat berlaga di lapangan.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu, Hans-Kristian Vittinghus, terlihat aktif belajar bahasa Indonesia secara daring.

Hans-Kristian Vittinghus berguru dengan Anggi Simorangkir, yakni seorang pengajar BIPA di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Copenhagen, Denmark.

Kini, buah dari kerja kerasnya, Hans sudah cukup mahir berbahasa Indonesia. Bahkan, dia tak segan mempersilakan netizen untuk bertanya dengan bahasa Indonesia.

Hans-Kristian Vittinghus tak hanya jatuh cinta pada bahasa Indonesia, tetapi juga sangat melokal karena menjadi pencinta mie instan asal Khatulistiwa, yaitu Indomie.

DenmarkHans-Kristian VittinghusBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini