x

Terungkap, Sosok Ini Punya Peran di Balik Kesuksesan Lee Chong Wei dan Lee Zii Jia

Selasa, 24 Mei 2022 18:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Performa Lee Zii Jia yang luar biasa saat ini berkat dukungan tim profesional yang hebat. Salah satunya adanya mantan fisioterapis Lee Chong Wei, siapakah dia?

INDOSPORT.COM – Performa Lee Zii Jia yang luar biasa saat ini berkat dukungan tim profesional yang hebat. Salah satunya adanya mantan fisioterapis Lee Chong Wei, siapakah dia?

Lee Zii Jia baru saja meraih hasil positif di Thailand Open 2022. Dia menjari juara usai mengalahkan wakil China, Li Shi Feng dengan skor 17-21, 21-11, 23-21, di partai final, Minggu (22/05/22) kemarin.

Baca Juga

Ini merupakan gelar kedua yang diraih Lee Zii Jiia setelah memenangkan gelar juara Asia di ajang Badminton Asia Championships di Manila awal bulan ini.

Lee Zii Jia menjadi orang Malaysia ketiga, setelah Yong Hock Kin (2001) dan Hafiz Hashim (2005), yang memenangkan gelar Thailand Open sejak dimulainya turnamen pada tahun 1984.

Berkat kemenangan ini pula, juara All England 2021 tersebut diperkirakan bakal menembus posisi lima besar dunia pada ranking dunia BWF per Selasa (24/05/22).

Baca Juga

Seperti diketahui, Lee Zii Jia saat ini menduduki posisi keenam pada ranking dunia tunggal putra versi BWF. Dia mengantongi 87.778 poin, selisih 100  angka dari andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Dengan gelarnya di Thailand Open ini, maka Lee Zii Jia dipastikan akan meraup poin maksimal yang bisa menggusur posisi Anthony Ginting dari lima besar dunia.

Pencapaian Lee Zii Jia ini membuat Lee Chong Wei bangga. Pasalnya, ini suatu prestasi yang tidak pernah dicapai oleh pebulu tangkis Malaysia lainnya sejak Chong Wei.

Baca Juga

“Sejujurnya, saya tidak ingat kapan saya pertama kali masuk ke lima besar, tapi itu harus setelah Olimpiade 2004 karena saya ingat kualifikasi sebagai pemain 16 besar saat itu,” ujar Lee Chong Wei dilansir dari NST.

“Yang bisa saya ingat adalah betapa sulitnya tantangan itu setelah saya berhasil masuk ke papan teratas itu,” lanjutnya.


1. Sosok Berjasa di Balik Lee Chong Wei Lee Zii Jia

Lee Zii Jia

Menurut peraih perak Olimpiade dua kali itu, Zii Jia tidak hanya sedang dalam performa terbaik namun juga punya tim profesional yang hebat.

Lee Chong Wei melanjutkan bahwa pada posisi Zii Jia saat ini, bukan hanya lawan-lawan sulit yang jadi tantangan namun juga konsistensi dan kebugaran fisik.

Baca Juga

Untungnya, Lee Zii Jia memiliki fisioterapis di timnya yang dulu juga menangangi Lee Chong Wei. Sosok tersebut adalah Sandra Fiedler.

“Demikian pula semua mata sekarang akan tertuju pada Zii Jia. Dia adalah orang yang harus dikalahkan. Di sinilah ujian sesungguhnya dimulai, konsistensi dan tetap bebas cedera akan menjadi kuncinya,” sambung Chong Wei.

“Di sinilah Sandra (Fiedler) masuk. Saya tahu karena saya sudah bekerja dengannya begitu lama. Jika bukan karena Sandra, saya tidak akan menjadi orang yang dikenal orang sekarang," kata Chong Wei.

Baca Juga

Lee Chong Wei sendiri diketahui pernah menduduki peringkat 1 dunia selama 349 minggu, termasuk 199 minggu beruntun dari 21 Agustus 2008, hingga 14 Juni 2012.

Oleh karena itu, Chong Wei menyarankan agar Zii Jia memanfaatkan baik-baik keahlian Sandra dan seluruh timnya dengan baik, demi bisa menjadi peringkat 1 dunia.

Baca Juga

“Ingat ketika saya hampir melewatkan Olimpiade 2012 karena cedera setelah Piala Thomas di China? Sandra-lah yang membuat saya bangkit kembali,” ujar Chong Wei.

“Faktanya, bahkan ketika saya sampai di London, saya tidak dalam kondisi terbaik, tetapi perlahan-lahan dengan bantuan Sandra, saya berhasil melewatinya.”


2. Turnamen Lee Zii Jia Selanjutnya

Lee Zii Jia

“Zii Jia beruntung karena dia akan bisa merencanakan turnamennya, dan dengan tim yang solid di sisinya, saya tidak berpikir tidak mungkin dia menjadi yang terbaik segera.”

“Satu-satunya saran saya kepadanya adalah berlatih keras, merencanakan dengan baik dan menghindari cedera," tambah Chong Wei, yang gantung raket pada 2019.”

Setelah kembali dari Bangkok, Lee Zii Jia akan mengambil istirahat sejak sebelum mempersiapkan diri tampil di Indonesia Open di Jakarta pada 14-19 Juni mendatang.

Lee Chong WeiMalaysiaBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini