x

Malaysia Open Bakal Selevel Indonesia Open, BWF Janjikan Hadiah Uang Lebih Menggiurkan

Selasa, 21 Juni 2022 14:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Malaysia Open kini dinaikkan levelnya menjadi setara Indonesia Open. Federeasi Bulutangkis Dunia (BWF) menjanjikan hadiah uang yang lebih menggiurkan.

INDOSPORT.COM – Turnamen Malaysia Open kini dinaikkan levelnya menjadi setara Indonesia Open. Federeasi Bulutangkis Dunia (BWF) menjanjikan hadiah uang yang lebih menggiurkan tahun depan.

Pada Sabtu (18/06/22), Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara resmi merilis kalender dan tuan rumah BWF World Tour untuk periode musim 2023-2026.

Baca Juga

Dalam kalender BWF World Tour 2023-2026 yang baru saja resmi dirilis, beberapa turnamen mengalami penyesuaian level.

Salah satunya Malaysia Open yang akan naik kasta ke level Super 1000, yang sebelumya masih berstatus sebagai turnamen Super 750.

Naiknya level Malaysia Open menjadikan turnamen tersebut kini setara dengan ajang Indonesia Open, yang lebih dulu naik level pada tahun 2018 lalu meski sudah digelar sejak 1982 silam.

Baca Juga

Selain itu, Malaysia Open musim depan nantinya juga akan setara dengan dua ajang bergengsi lainnya di Super 1000, yakni All England dan China Open.

Naiknya kasta Malaysia Open tahun ini disambut positif oleh direktur pelatih tunggal Malaysia, Wong Choong Hann. Pasalnya, ini bisa meningkatkan popularitas turnamen itu di mata dunia.

Baca Juga

“Sangat bagus bahwa Malaysia Open akan ditingkatkan karena ini akan menjadi acara yang lebih bergengsi mulai tahun depan dan seterusnya dan dijamin akan menarik pemain top dunia,” kata Wong Choong Hann, dilansir dari The Star.

Bukan hanya itu saja, naiknya level Malaysia Open menjadi Super 1000 yang setara Indonesia Open, Al England dan China Open memberikan kesempatan pemain memenangkan hadiah uang yang lebih besar.


1. Malaysia Open Bakal Tawarkan Hadiah Menggiurkan

Logo BWF.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekjen BWF Thomas Lund, di mana dia mengatakan bahwa BWF World Tour 2023-2026 menjanjikan peningkatan status bulu tangkis secara global.

“Ini memungkinkan kami untuk berkomitmen pada hadiah uang yang lebih tinggi, liputan yang lebih luas di televisi dan online,” ujar Thomas Lund dalam pernyataan resmi.

Baca Juga

Malaysia Open yang digelar tahun ini masih berada di level Super 750. Turnamen yang akan digelar pada 28 Juni – 3 Juli tersebut menyediakan hadiah total 675 ribu dolar AS atau sekitar Rp10 miliar.

Rinciannya, pemenang di nomor ganda akan mendapatkan hadiah sebesar 49.950 dolar AS (Rp740 juta), sedangkan kampiun nomor tunggal meraup hadiah senilai 47.250 dolar AS atau Rp700 juta.

Total hadiah itu diperkirakan bakal naik beberapa persen, sejajar dengan tiga turnamen bergengsi lainnya di level Super 1000.

Menengok ke gelaran All England 2022 pada Maret kemarin, turnamen tertua di dunia itu menyediakan total hadiah sebesar 1 juta dolar AS atau setara Rp14,8 miliar.

Baca Juga

Juara di sektor ganda, termasuk yang diraih pasangan Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, mendapatkan hadiah sebesar 74 ribu dolar AS (sekitar Rp1,1 miliar).

Sementara di sektor tunggal menyediakan hadiah total sebesar 70 ribu dolar AS (sekitar Rp1 miliar).

Total hadiah yang yang disediakan Indonesia Open 2022 yang baru berakhir pekan lalu bahkan lebih tinggi, yakni sebesar 1,2 juta dolar AS atau setara Rp17,7 miliar.

Untuk pemenang di sektor ganda mendapatkan hadiah sebesar 88.800 dolar AS atau setara Rp1,3 miliar, sedangkan pemenang nomor tunggal mendapatkan hadiah 84 ribu dolar AS atau Rp1,2  miliar.

Baca Juga

Tak hanya Malaysia yang naik level, India Open dan Singapura Open juga naik kasta ke status Super 750 sedangkan Hylo Open dan Orleans Masters dinaikkan dari level Super 100 menjadi 300.

Menariknya, BWF berencana lebih banyak menggelar turnamen level Super 500 di negara-negara di tiga benua baru – Australia, Kanada, dan Finlandia.


2. Jangan Sampai Axelsen Tahu Malaysia Open Naik Level

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Naiknya level turnamen Malaysia Open ini justru menimbulkan reaksi aneh dari para penggemar bulutangkis. Mereka justru mengaitkannya dengan sosok Viktor Axelsen.

Reaksi tersebut banyak tertuang di kolom komentar akun BWF yang secara khusus mengunggah kabar menggembirakan bahwa Malaysia Open akan naik kasta tahun depan.

Netizen berharap kabar ini tidak didengar oleh tunggal putra asal Denmark, Viktor Axelsen, yang saat ini tengah berjuang di ajang Indonesia Open 2022.

Baca Selengkapnya 

BWFAll EnglandIndonesia OpenBulutangkisMalaysia OpenBerita BulutangkisBWF World TourMalaysia Open 2022

Berita Terkini