x

Sebelum Gabung ‘Geng’ Susy Susanti dan Liliyana Natsir, Dewi Bulutangkis China Punya Kisah Pilu

Selasa, 21 Juni 2022 18:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Zhang Nan/Zhao Yunlei mantan pasangan legendaris China

INDOSPORT.COM – Siapa yang menyangka jika eks dewi bulutangkis China, Zhao Yunlei memiliki kisah cinta yang pahit sebelum bergabung dengan Susy Susanti dan Liliyana Natsir di BWF Hall of Fame.

Seperti diketahui, BWF melalui laman resminya mengumumkan bahwa Zhao Yunlei akan menyusul legenda ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir untuk masuk ke dalam BWF Hall of Fame 2022.

Baca Juga

Pencapaian ini berkat kariernya yang mentereng seperti menjadi satu-satunya pebulutangkis yang meraih gelar ganda di Olimpiade yang sama di London 2012, dan satu-satunya pemain yang meraih gelar ganda dalam dua Kejuaraan Dunia berturut-turut serta prestasi lainnya.

Sekadar informasi, BWF Hall of Fame adalah penghargaan individu dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kepada pemain yang berpengaruh di dunia.

Penghargaan bergengsi ini tak lepas sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi dan prestasi seorang atlet semasa berkarier. Serta tak setiap tahun digelar melainkan usai adanya legenda yang pensiun.

Baca Juga

Maka Zhao Yunlei pun akan bergabung dengan deretan pebulutangkis wanita hebat lainnya yang sudah masuk BWF Hall of Fame seperti dua legenda Indonesia yakni Susy Susanti dan terbaru ialah Liliyana Natsir.

Namun dibalik prestasi membanggakan yang ditorehkan oleh Zhao Yunlei baik di sektor ganda campuran bersama Zhang Nan dan di ganda putri dengan Tian Qing, eks dewi bulutangkis China itu ternyata menyimpan kisah cinta yang pilu.

Sebelum akhirnya menemukan cinta sejatinya bersama pemain ganda putra China, Hong Wei, Zhao Yunlei punya kisah asmara yang tak kalah terkenal dari pasangan Lin Dan dan Xie Xingfang.

Baca Juga

Kisah cinta Zhao Yunlei bersama Zhang Nan yang memiliki perbedaan usia empat tahun ternyata cukup untuk membuat para pecinta bulutangkis gempar.

Setelah kucing-kucingan cukup lama, Zhang Nan/Zhao Yunlei memutuskan untuk go publik kisah asmara mereka secara resmi pada 2011.


1. Kasih Sayang Tulus Dibalas dengan Pengkhianatan

Tian Qing/Zhao Yunlei

Sebagaimana diketahui, asmara Zhao Yunlei bersama Zhang Nan yang memiliki perbedaan usia empat tahun pun sempat membuat penggemar geger.

Selepas 2010, ketika berhasil menjuarai Japan Open, pasangan legendaris China tersebut melakukan selebrasi mesra, di mana Zhang Nan memeluk Zhao Yunlei dan mencium pasangannya tersebut dengan raut wajah yang sangat bahagia.

Baca Juga

Di lapangan, mereka dianggap sebagai pasangan emas yang legendaris karena sukses menjadi Juara Dunia tiga kali (2011, 2014 dan 2015) serta meraih medali emas di Olimpiade London 2012 dan Asian Games 2014.

Melansir dari Sports Sina, baik Zhang Nan maupun Zhao Yunlei diketahui sempat mengaku memiliki rencana menikah setelah Olimpiade London 2012.

Tetapi setelah Olimpiade London 2012 berakhir keduanya belum resmi menikah. Bahkan malah muncul rumor adanya orang ketiga dan sempat menggoncang performa mereka di panggung Olimpiade 2016.

Tak tanggung-tanggung, akibat isu orang ketiga yang disebabkan oleh pasangan Zhao Yunlei di ganda putri, yakni Tian Qing, keduanya memutuskan untuk tidak tampil di Olimpiade Rio meskipun lolos kualifikasi.

Selain itu, hasil yang diperoleh oleh pasangan legendaris China pun hanya sebatas medali perunggu di Olimpiade Rio 2016 bersama Zhang Nan.

Baca Juga

Setelah sekian lama bungkam, Zhao Yunlei akhirnya muncul ke publik dan secara resmi mengumumkan bahwa dirinya dengan Zhang Nan sudah resmi berpisah sebelum Olimpiade Rio 2016.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Zhang yang sudah berhasil meraih mimpinya. Saya mendoakan masa depan yang cemerlang untuknya," beber Zhao Yunlei dikutip dari media Djarum Badminton.

"Akhirnya, ini waktu yang tepat bagi saya untuk menjawab spekulasi yang beredar di antara kami, dan, benar, kalau Zhang Nan dan saya telah berpisah sebelum Olimpiade. Kami bukan sepasang kekasih lagi saat ini," pungkasnya.


2. Pensiun dan Menemukan Cinta Sejati

Zhao Yunlei dan Hong Wei resmi menikah pada 2018 lalu.

Zhao Yunlei pun kemudian memutuskan untuk pensiun pasca Olimpiade Rio 2016. Namun siapa sangka usai gantung raket dan menjalani cinta yang pilu malah membuka jalannya untuk menemukan pasangan sejatinya yakni pemain ganda putra China, Hong Wei.

Dilansir akun Instagram @badmintontalk_com, Zhao Yunlei resmi menikah secara hukum dengan eks rekannya di Timnas Bulutangkis China, Hong Wei pada Juni 2018.

Kini setelah menikah Zhao Yunlei dan Hong Wei hidup bahagia. Di mana keduanya memutuskan menjadi pelatih di tempat yang berbeda.

Zhao Yunlei memutuskan menjadi pelatih di Beijing, Hong Wei memutuskan menjadi pelatih di klub bulutangkis yang ada provinsi Fujian.

Itulah kisah cinta pilu yang dialami oleh Zhao Yunlei sebelum akhirnya merasakan kebahagiaan sebagai seorang istri maupun legenda bulutangkis dunia.

Liliyana NatsirSusy SusantiZhang Nan/Zhao YunleiTian Qing/Zhao YunleiBerita BulutangkisBWF Hall of Fame

Berita Terkini