x

Kena Mental dan Kalah di Malaysia Open, Gregoria: Saya Sudah ke Psikolog

Kamis, 30 Juni 2022 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska.

INDOSPORT.COM - Kena mental dan kalah pada babak 16 besar Malaysia Open 2022, Kamis (30/6/22), Gregoria Mariska Tunjung mengaku sudah berkonsultasi ke psikolog.

Bermain di Axiata Arena Malaysia, langkah Gregoria Mariska Tunjung terhenti di tangan pebulutangkis asal China, Wang Zhi Yi, yang merupakan juara Badminton Asia Cup 2022.

Baca Juga

Walau sempat unggul lebih dulu di game pertama, namun Gregoria 'kena mental' dan akhirnya kena comeback. Atlet 22 tahun itu dipaksa takluk dengan skor 19-21 dan 13-21.

Usai pertandingan, Gregoria mengatakan ia sebenarnya merasa sudah bermain baik di awal-awal laga. Tetapi lagi-lagi faktor ketidaksabaran menjadi batu sandungan.

"Tadi sebetulnya saya sudah merasa enak bermainnya, terutama di awal-awal game," ungkap Gregoria saat ditemui usai laga.

Baca Juga

"Hanya karena lawan itu punya pola balik serang, jadinya kadang saya sudah dapat kesempatan, tetapi saya seperti terlalu banyak berpikir untuk ambil keputusan."

"Seperti saya dapat bola enak dan harus mati nih, padahal tidak harus, bisa saja diolah dulu, sabar dulu," kata Gregoria.

"Lalu setelah terkejar dan poinnya mepet, saya malah tidak yakin dengan pola yang diterapkan, tidak percaya diri," imbuhnya.

Baca Juga

Padahal, Gregoria Mariska juga pernah bertemu Wang Zhi Yi lima tahun lalu, dan saat itu ia berhasil memenangkan laga.

Berkat kemenangan itu, Gregoria Mariska Tunjung bahkan bisa menjadi Juara Dunia Junior 2017. Ia menang dalam babak rubber game, dengan skor akhir 21-18, 19-21, 21-12.


1. Gregoria Bertekad Ingin Bangkit

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Indonesia Masters 2022. Foto: PBSI

Disinggung mengenai head to head yang unggul atas Wang Zhi Yi, Gregoria mengaku hal itu tidak bisa dijadikan patokan. Sebab, pertemuan itu sudah terjadi lima tahun lalu.

"Pertemuan pertama saya dengan Wang Zhi Yi sudah terjadi lima tahun lalu, dan itu tidak bisa dijadikan patokan," sebut Gregoria.

Baca Juga

"Namun dari segi pola permainan, dia tidak banyak berubah, hanya kualitasnya yang memang sudah di atas," lanjut Gregoria.

"Sementara saya tadi masih cari-cari cara bagaimana mematikan dia, pola yang buat dia tidak enak bagaimana," tambahnya.

Gregoria juga sadar betul, kekurangannya masih di seputar faktor non-teknis. Ia pun melakukan segala cara untuk memperbaiki hal itu, termasuk berkonsultasi ke psikolog.

Baca Juga

"Saya harus perbaiki fokus di otak saya, tadi saya banyak melakukan kesalahan karena di otak saya banyak berpikir akan kekurangan saya," terang Gregoria kepada awak media.

"Saya juga sudah berkonsultasi dengan psikolog dan semoga ini bisa teratasi, walau saya tahu perlu waktu," harap Gregoria lagi.

Selain Gregoria, pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juga gagal melaju ke babak perempat final ajang Malaysia Open 2022.

Baca Juga

Rehan/Lisa harus takluk di tangan pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 asal China, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, dengan skor akhir 19-21, 11-21.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga tersingkir cepat saat kalah dari Tang Chun Man/Tse Ying Suet di angka 13-21, 10-21.


2. Hasil Wakil Indonesia di 16 Besar Malaysia Open 2022:

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet 13-21, 10-21

Jonatan Christie vs Kenta Nishinoto 21-18, 21-17

Gregoria Mariska Tunjung vs Wang Zhi Yi 19-21, 13-21

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping 19-21, 11-21

Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto vs Srivedya Gurazada/Ishika Jaiswal 21-12, 21-8

Gregoria MariskaBulutangkisMalaysia OpenBerita BulutangkisWang Zhi YiWang ZhiyiMalaysia Open 2022

Berita Terkini