x

Elena Rybakina, Petenis Cantik Berparas Imut yang Cetak Sejarah untuk Kazakhstan di Wimbledon 2022

Kamis, 7 Juli 2022 12:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Elena Rybakina, petenis Kazakhstan di Wimbledon 2022. Foto: REUTERS/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Elena Rybakina, petenis cantik berparas imut yang baru saja mencetak sejarah untuk Kazakhstan di Wimbledon 2022.

Turnamen tenis Wimbledon 2022 hingga detik ini masih berlangsung di London, Inggris, dan sudah memasuki putaran perempat final.

Baca Juga

Begitu pula sektor tunggal putri yang di edisi kali ini turut dimeriahkan Elena Rybakina sebagai wakil Kazakhstan.

Petenis kelahiran Rusia itu bahkan baru saja mencetak sejarah tersendiri bagi negara yang diwakilinya, Kazakhstan, setelah menumbangkan Ajla Tomljanovic di perempat final.

Elena Rybakina tampil sebagai pemenang di pertandingan yang digelar pada hari Rabu (6/7/22) waktu setempat itu dengan kedudukan akhir 6-4, 2-6, 3-6.

Baca Juga

Dengan ini, ia menjadi petenis pertama asal Kazakhstan yang berhasil menginjakkan kaki di semifinal alias 4 besar turnamen Wimbledon.

Luar biasa, itulah ucapan yang keluar dari mulutnya setelah menekuk Ajla Tomljanovic melalui perang lapangan yang berlangsung selama 1 jam 15 menit.

Selain itu, ia juga tidak kuasa menyembunyikan rasa bahagia karena menyandang status semifinalis Wimbledon 2022.

Baca Juga

“Saya senang bisa sampai ke semifinal. Benar-benar pertandingan [melawan Tomljanovic] yang sulit, tapi saya tahu ada banyak dukungan,” ucapnya seperti diwartakan laman Tennis365.

“Para junior di sini mendukung saya. Benar-benar terima kasih,” tambah petenis yang kini berusia 23 tahun tersebut.


1. Elena Rybakina di Wimbledon 2022

Elena Rybakina, petenis Kazakhstan di Wimbledon 2022. Foto: REUTERS/Matthew Childs.

Sesuai jadwal Wimbledon 2022, Elena Rybakina nantinya bakal berjumpa Simona Halep di putaran semifinal.

Untuk itu, ia pun mengharapkan dukungan yang sama besarnya seperti saat berlaga di perempat final, apalagi Simona Halep bukan lawan yang mudah ditaklukkan.

Baca Juga

“Semoga nanti [dukungannya] juga begitu. Bakal jadi pertandingan hebat dan saya akan berusaha bermain sebaik mungkin,” ucapnya lagi.

Mencetak sejarah untuk tenis Kazakhstan di Wimbledon 2022 nampaknya bukan hal aneh dari seorang Elena Rybakina.

Karena saat ini ia merupakan petenis putri nomor satu di negaranya. Namun di sisi lain, menembus semifinal turnamen Grand Slam juga bukan perkara mudah, terlebin bagi mereka para nonunggulan.

Baca Juga

Sebelum Wimbledon 2022, agenda Grand Slam yang diikuti Elena Rybakina adalah French Open 2022 yang digelar pada bulan Mei lalu.

Pada waktu itu, tidak banyak yang bisa ia lakukan karena perjuangannya terhenti di putaran ketiga saat menghadapi wakil Amerika Serikat, Madison Keys.

Namun kini siapa sangka Elena Rybakina bisa melangkahkan kaki ke semifinal Wimbledon 2022, yang Iga Swiatek sang unggulan pertama saja tidak dapat capai.

Baca Juga

Siapa Elena Rybakina?

Lahir di Moscow, Rusia, pada 17 Juni 1999. DNA olahraga memang sudah mendarah daging sejak lama di keluarganya.

Ketika saudara-saudara perempuannya memilih menekuni senam dan dan ice skating, Elena Rybakina tidak bisaterjun ke dua cabor tersebut lantaran postur tubuhnya yang tinggi.


2. Mengenal Lebih Dekat Elena Rybakina

Elena Rybakina, petenis Kazakhstan di Wimbledon 2022. Foto: REUTERS/Matthew Childs.

Pada akhirnya, ia pun memilih tenis karena memiliki ketertarikan di olahraga raket yang satu ini. Hari demi hari ia habiskan untuk berlatih di klub bersama sejumlah pelatih.

Meski begitu, perjalanannya mewujudkan cita-cita sebagai petenis bukan tanpa hambatan. Ketika masih sekolah, intensitas latihannya ternyata sempat terganggu.

Baca Juga

Pasalnya ia menimba ilmu di sekolah reguler dan sulit menyisihkan waktu dari padatnya jadwal-jadwal akademik.

Alhasil, mau tidak mau Elena Rybakina harus menyeimbangkan antara kegiatan sekolah dan bermain tenis.

Dengan tinggi badan 184 cm, ia memiliki servis yang sangat baik dan dapat menghasilkan kekuatan dengan forehand dan backhand-nya.

Baca Juga

Dia bermain lebih sering dari baseline dan memiliki gerakan bagus untuk tinggi badannya yang cukup menjulang itu.

Walau lahir di Rusia, Elena Rybakina memilih berpindah federasi ke Kazahkstan pada tahun 2018 lalu. Saat itu, ia berstatus tanpa pelatih.

Kini, tentu patut dinanti sepak terjang pemain yang meraih ranking tertinggi 12 WTA ini di perhelatan Wimbledon 2022.

Baca Juga

Pertarungannya melawan Simona Halep di semifinal Wimbledon 2022 bakal digelar hari ini, Kamis (07/07/22) waktu setempat.

Mampukah petenis putri nomor 1 Kazakhstan ini membuat kejutan?

Grand SlamWimbledonKazakhstanTenis

Berita Terkini