x

Sedang Dihukum Karena Kontroversi, Shi Yuqi Langsung Comeback di Kejuaraan Dunia 2022

Rabu, 20 Juli 2022 03:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Hiatus hampir setahun karena kontroversi berujung saksi dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA), tunggal putra Shi Yuqi bakal comeback di Kejuaraan Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Hiatus hampir setahun karena kontroversi berujung saksi dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA), tunggal putra Shi Yuqi bakal comeback di Kejuaraan Dunia 2022.

Diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis bakal segera digelar pada 22-28 Agustus 2022 di Jepang.  CBA telah menerima daftar undangan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Baca Juga

Dari atlet China yang terundang oleh BWF, termasuk tunggal putra ranking 17 dunia yang saat ini sedang kena sanksi internal, yaitu Shi Yuqi.

Ya, Shi Yuqi pada Sabtu (16/10/21) di semifinal Piala Thomas 2020 membuat keputusan kontroversial karena mundur di tengah pertandingan setelah lawannya, Kento Momota, meraih match point.

Tepatnya Shi Yuqi mundur dari pertandingan pada kedudukan 20-22, 5-20 saat berjumpa Kento Momota di babak semifinal Piala Thomas 2020.

Baca Juga

Usai pertandingan, Shi Yuqi menyebut dirinya belum kalah secara teknis dari Kento Momota karena mundur di saat lawannya meraih match point.

Karena kejadian kontroversial yang dibuatnya tersebut, Shi Yuqi langsung dijatuhi sanksi internal  tidak boleh bertanding selama satu tahun oleh CBA.

“Kami telah menghukumnya secara internal, dengan periode skorsing satu tahun. Pada asosiasi kami, semua telah mendiskusikannya sehingga kami memberinya hukuman skorsing satu tahun,” ucap Ketua CBA, Zhang Jun.

Baca Juga

Meski masa hukumannya belum dijalankan sepenuhnya, sempat beredar kabar bahwa Shi Yuqi sudah kembali berlatih di pelatnas bulutangkis China dan mendapatkan potongan masa sanksi.

Shi Yuqi ke pelatnas lagi usai ada kemacetan gelar tunggal putra, termasuk saat China gagal total di Piala Thomas 2022. Terbaru, Shi Yuqi bahkan dipastikan akan comeback di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.


1. Alasan Comebacknya Shi Yuqi

Diskorsing internal, alasan Shi Yuqi bisa comeback di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Dilansir dari laman media China, Aiyuke, Shi Yuqi diizinkan oleh CBA untuk tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 karena beberapa sebab.

CBA menilai bahwa Shi Yuqi telah merenungkan segala kesalahannya selama menjalani hukuman. Selain itu Shi Yuqi dianggap serius dan tekun berlatih di pelatnas China.

Baca Juga

“Persatuan Bulutangkis China dan Tim Nasional Bulutangkis melakukan kritik dan edukasi serius dan keras kepada Shi Yuqi selama masa hukuman,” tulis media Aiyuke.

“Shi Yuqi telah melakukan refleksi yang mendalam dan benar-benar menyadari kesalahannya. Dia juga serius dan tekun dalam latihan, menunjukkan keingiann kuat untuk kembali mengikuti kompetisi dan terus meraih kejayaan negara,” demikian tulis Aiyuke.

Comebacknya Shi Yuqi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 mendatang juga mendapatkan perhatian cukup besar di lini masa media sosial.

Baca Juga

Salah satunya adalah akun twitter @shitouyuqi yang memberikan dukungan penuh kepada Shi Yuqi dalam misi comeback sang atlet berusia 26 tahun itu.

“Shii Yuqi akan kembali ke kancah kompetisi dimulai dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Jepang! Dia telah menunjukkan pertumbuhan positif dalam semua aspek,” tulis twitter @shitouyuqi

“Serta haus dan berkeinginan kuat untuk memperjuangkan kejayaan Tiongkok,” sambung twitter @shitouyuqi.

Baca Juga

Netizen lain juga teramat menantikan comeback Shi Yuqi.  Ada pula yang mempertanyakan nasib Chen Long yang sebenarnya diwacanakan tampil di kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Namun kini beredar berita bahwa Chen Long tidak akan berpartisipasi di ajang ini, dan hanya fokus ke Asian Games 2022 yang ditunda tahun depan.


2. Shi Yuqi Unggah Kalimat Pilu

Sedang dihukum internal, tunggal putra China, Shi Yuqi pernah curhat pilu di instagram.

Sebelum comeback di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Shi Yuqi pernah mengunggah kalimat pilu di instagramnya. Melansir instagramnya @shiyuqi.official, pebulutangkis ranking 17 dunia itu mengunggah foto bernuansa monochrome.

Foto monochrome itu menggambarkan situasi saat Shi Yuqi sedang membungkukkan badannya di saat kompetisi bulutangkis China Open.

Menerjemahkan foto hitam putih dari unggahannya, Shi Yuqi menyematkan sebuah kalimat pendek yang membuat renyuh hati. “Segala sesuatu di masa lalu adalah untuk segala yang diharapkan di masa depan,” tulis Shi Yuqi.

Baca selengkapnya: Sedang Hiatus Usai Disanksi Federasi China, Shi Yuqi Unggah Kalimat Pilu
 

ChinaBulutangkisShi YuqiBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)

Berita Terkini