x

Prediksi Ranking Ganda Putra Usai Unfreeze BWF, Fajar/Rian Kangkangi Marcus/Kevin

Senin, 25 Juli 2022 11:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juara Indonesia Masters 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah prediksi ranking bulutangkis ganda putra usai BWF mencabut aturan pembekuan (freeze) ranking pada 2 Agustus 2022 mendatang.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara resmi akan mencairkan ranking bulutangkis dunia (unfreeze) pada awal bulan Agustus, setelah pembekuan beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Artinya, jika unfreeze tersebut terlaksana, maka empat minggu poin ranking BWF sejak minggu ke 12 tahun 2019 akan dihapuskan.

Apabila BWF benar-benar melakukan pencairan poin ranking BWF (unfreeze), maka sektor yang mengalami perubahan siginifikan adalah sektor ganda putra.

Melansir dari Badminton Eropa, jika pencairan poin ranking BWF terjadi, ada pergeseran peringkat secara signifikan, khususnya sektor ganda putra Indonesia.

Baca Juga

Prediksi peringkat ini dihitung berdasarkan penampilan para atlet bulutangkis sejak Olimpiade Tokyo 2020 sampai turnamen terakhir, yakni Chinese Taipei Open 2022.

Baca Juga

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tidak akan lagi menghuni peringkat nomor satu, mengingat mereka absen cukup lama.

Marcus Fernaldi Gideon mengalami cedera di kedua tumit dan membuatnya harus naik meja operasi. Sempat menjajal turnamen di Indonesia, tapi hasilnya tak sesuai harapan.


1. 6 Ganda Indonesia Masuk 15 Besar

Pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian juara ganda putra Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Dengan turunnya peringkat Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dari posisi teratas ganda putra dunia, maka akan ada pasangan baru di puncak, usai unfreeze.

Adapun pasangan yang berhasil menggeser posisi Marcus/Kevin di peringkat tertinggi ganda putra adalah pasangan unggulan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Baca Juga

Namun, posisi mereka juga mulai terancam dengan pasangan unggulan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang terus konsisten mencapai final di banyak agenda.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menjuarai Swiss Open 2022, lalu berlanjut di Indonesia Masters 2022, dan terakhir kali di Malaysia Masters 2022.

Fajar Alfian/Rian Ardianto juga beberapa kali naik podium sebagai runner up, antara lain Korea Open 2022, Thailand Open 2022, Malaysia Open 2022, dan Singapore Open 2022.

Baca Juga

Tak lupa, Fajar/Rian juga sempat berlaga di semifinal Badminton Asia Championship 2022, tetapi hanya finis di posisi ketiga.

Dengan konsistensi Fajar/Rian di tahun 2022, mereka diprediksi menggeser posisi Marcus/Kevin. The FajRi akan bertengger di peringkat kedua, dan Minions di posisi tiga.

Kabar baiknya, tidak hanya ada dua ganda putra Indonesia yang bertengger di urutan teratas. Secara keseluruhan, ada enam wakil Merah Putih di peringkat 15 besar.

Baca Juga

Mereka adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (6), Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (11), dan Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri (12).

Pasangan yang baru saja menjuarai ajang Singapore Open 2022, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berada di peringkat ke-15.


2. Top 15 Ganda Putra Dunia

Ganda Putra Bulutangkis Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibu Fikri dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat berada di podium juara All England 2022

Berikut adalah prediksi ranking ganda putra usai unfreeze ranking BWF di bulan Agustus 2022.

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia)

Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)
Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)
Goh Sze Fei/Nur Izzudin (Malaysia)
Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)
Lee Yang/Wang Chi Lin (Taipei)
Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)
Pramudya Kusumawardana/Yeremia EYY Rambitan (Indonesia)
Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri (Indonesia)

Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman)
Akira Koga/Taichi Saito (Jepang)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia)

BWFFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoHendra Setiawan/Mohammad AhsanMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini