x

Termasuk Legenda Indonesia, Daftar Pebulutangkis yang Meraih 2 Gelar dalam 1 Edisi Kejuaraan Dunia

Senin, 22 Agustus 2022 11:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut deretan pebulu tangkis yang mampu meraih 2 gelar dari 1 edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis, di mana salah satunya ada legenda Indonesia.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan pebulu tangkis yang mampu meraih 2 gelar dari 1 edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis, di mana salah satunya ada legenda Indonesia.

Saat ini, jagat bulutangkis tengah disibukkan dengan event bergengsi bertajuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championship yang digelar di Tokyo, Jepang.

Baca Juga

Dalam ajang bergengsi yang digelar BWF tersebut, Tim Bulutangkis Indonesia akan mengirimkan 15 wakil terbaiknya dari seluruh sektor.

Selain Indonesia, beberapa negara unggulan lain seperti China, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Denmark juga mengirimkan wakil-wakil terbaiknya dari berbagai sektor.

Seluruh pebulu tangkis ini akan beradu untuk meraih titel bergengsi dalam ajang tahunan tersebut, dan menyamai rekor pendahulunya.

Baca Juga

Dari seluruh rekor yang ada di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, mungkin hanya ada satu rekor saja yang diyakini sulit dipecahkan dalam waktu dekat.

Rekor yang dimaksud adalah rekor menjuarai 2 gelar dalam 1 edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Sejauh ini hanya ada 8 pebulu tangkis saja yang bisa mencapai rekor tersebut.

Tak disangka, salah satu dari 8 pebulutangkis yang mampu menciptakan rekor tersebut ada nama legenda bulutangkis Indonesia.

Baca Juga

Lantas siapa saja pebulutangkis yang mampu mencapai rekor di Kejuaraan Dunia Bulutangkis tersebut? Berikut INDOSPORT suguhkan daftar pebulutangkis tersebut.


1. 1. Lene Koppen

Ditanya kabar Mia Audina, Christian Hadinata ikut geleng kepala.

Lene Koppen merupakan pebulu tangkis andalan Denmark pada awal 70-an dan 80-an. Wanita yang kini berusia 69 tahun itu menjadi sosok pertama yang memecahkan rekor 2 gelar dalam 1 kejuaraan dunia.

Lene Koppen mampu mencapai rekor tersebut kala bermain di Kejuaraan Dunia 1977. Ia mampu meraih dua gelar di sektor ganda campuran bersama Steen Skovgaard dan di sektor tunggal putri.

Baca Juga

2. Christian Hadinata

Legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata juga masuk dalam buku rekor bulutangkis dunia, usai menjuarai 2 gelar dalam 1 edisi Kejuaraan Dunia.

Christian Hadinata mampu merengkuhnya saat berpartisipasi di Kejuaraan Dunia 1980. Ia meraih gelar tersebut di sektor ganda putra bersama Ade Chandra dan di sektor ganda campuran bersama Imelda Wiguna.

Baca Juga

3. Han Aiping

Dari negeri China, ada nama Han Aiping yang mampu meraih dua titel di 1 edisi kejuaraan dunia, tepatnya pada Kejuaraan Dunia 1985.

Han Aiping mampu masuk buku rekor ini saat menjadi juara Kejuaraan Dunia 1985 di sektor tunggal putri dan ganda putri bersama Li Lingwei.

Baca Juga

4. Park Joo-bong

Dari Korea Selatan ada nama Park Joo-bong yang masuk buku rekor ini, kala meraih dua gelar di Kejuaraan Dunia edisi 1985.

Park Joo-bong meraih dua gelar di Kejuaraan Dunia 1985 saat bermain di dua nomor sekaligus, yakni di sektor ganda putra bersama Kim Moon-soo dan ganda campuran bersama Yoo Sang-hee.


2. 5. Ge Fei

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (tengah) berpose bersama dengan Zhang Nan and Zhao Yunlei

Selain Han Aiping, pebulu tangkis China yang masuk rekor ini adalah Ge Fei. Ia mampu membawa pulang dua gelar di Kejuaraan Dunia edisi 1997.

Ge Fei meraih dua gelar itu di dua nomor, yakni di sektor ganda putri bersama Gu Jun dan di sektor ganda campuran bersama Liu Yong.

Baca Juga

6. Kim Dong-moon

Park Joo-bong tak sendiri dalam rekor ini. kompatriotnya dari Korea Selatan, Kim Dong-moon juga masuk dalam rekor ini usai menjuarai 2 gelar di Kejuaraan Dunia 1999.

Kim Dong-moon meraih dua gelar itu di sektor ganda putra bersama Ha Tae-kwon dan sektor ganda campuran bersama Ra Kyung-min.

Baca Juga

7. Gao Ling

China benar-benar dominan dalam buku rekor ini. Masih ada nama Gao Ling yang juga menjuarai 2 gelar di Kejuaraa Dunia edisi 2001.

Pebulutangkis putri China ini mampu meraih dua gelar di sektor ganda putri bersama Huang Sui dan di sektor ganda campuran bersama Zhang Jun pada Kejuaraan Dunia yang dihelat di Spanyol itu.

Baca Juga

8. Zhao Yun Lei

Pebulu tangkis terakhir yang pernah meraih dua gelar di satu edisi kejuaraan dunia adalah Zhao Yun Lei. Ia mencetak rekor ini pada Kejuaraan Dunia 2014.

Saat itu, Zhao Yun Lei mampu menjadi juara Kejuaraan Dunia 2014 sebanyak dua kali di sektor ganda putri bersama Tian Qing dan ganda campuran bersama Zhang Nan.

Christian HadinataGao LingBulutangkisHan AipingKejuaraan Dunia BulutangkisPark Joo-bongGe Fei/Gu JunKim Dong Moon/Ra Kyung-minKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022Zhao Yunlei

Berita Terkini