x

Tembus 16 Besar Kejuaraan Dunia 2022, Rinov/Pitha Akui Ada yang Buat Kurang Nyaman

Selasa, 23 Agustus 2022 19:25 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, berhasil masuk 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Pada hari Selasa (23/08/22), pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas sukses menekuk ganda campuran Chinese Taipei, Lee Yang/Yang Ching Tun.

Baca Juga

Setelah sempat kejar-kejaran skor, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas mampu membuktikan kekuatan dan mengungguli lawan.

Diwawancarai selepas pertandingan, Rinov dan Pitha pun mengaku bahwa mereka masih dalam proses beradaptasi.

“Karena ini pertandingan pertama, di tempat ini juga pertama, jadi kita masih beradaptasi,” ujar Pitha.

Baca Juga

“Di gim pertama kita bisa mengatasi itu dan menang, tapi di gim kedua perubahan sisi lapangan membuat kita kurang nyaman dan agak lengah, sisi itu agak berangin. Di gim ketiga alhamdulillah bisa balikin keadaan dan mengontrol kembali permainan.”

Lebih lanjut, Rinov tak menyangkal bahwa di gim kedua, ia dan Pitha sempat kehilangan konsentrasi dan banyak melakukan kesalahan.

“Di gim kedua itu kita kurang fokus dan lebih banyak melakukan kesalahan sendiri. Ini yang harus terus diperbaiki ke depannya,” ujarnya.

Baca Juga

Nantinya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas akan bertanding melawan wakil China, Wang Yilyu/Huang Dong Ping, di babak 16 besar.

“Tidak ada yang tidak mungkin. Kita juga sudah latihan keras. Lusa kita harus bisa mengeluarkan yang maksimal, apapun hasilnya berjuang dulu sampai titik darah penghabisan,” tutup Rinov.


1. Tekuk Wakil Chinese Taipei

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Foto: PBSI

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas berhasil masuk 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 setelah sukses menekuk ganda campuran Chinese Taipei, Lee Yang/Yang Ching Tun, pada hari Selasa (23/08/22).

Pada poin-poin awal gim pertama,  Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas sudah langsung tancap gas dan menyapu 2 poin pembuka.

Baca Juga

Lee Yang/Yang Ching Tun sempat membalas hingga membuat papan skor berganti menjadi 2-2, namun Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas kembali memimpin dengan defisit 3 angka.

Jelang interval pertama, Lee Yang/Yang Ching Tun mencoba bangkit dan memperkecil kekalahan. Namun Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas terlalu dominan hingga interval gim pertama ditutup dengan keunggulan 11-6.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas yang sulit dibendung pun menutup gim pertama dengan keunggulan 21-15 atas Lee Yang/Yang Ching Tun.

Baca Juga

Memasuki gim kedua, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas kembali menunjukkan dominasinya dan menyapu 2 poin awal. Bahkan, keduanya terus memperlebar kedudukan hingga membuat papan skor berganti menjadi 4-1.

Setelah sempat bermain imbang 8-8 Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas mampu menutup interval pertama dengan keunggulan 11-9. Usai jeda, Lee Yang/Yang Ching Tun tampil mati-matian untuk mengejar ketertingalan dan menyamakan kedudukan jadi 12-12.

Mereka mampu membalikkan keadaan menjadi 17-15 dan akhirnya sukses menutup gim kedua dengan keunggulan 21-19 atas Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas. Laga pun berlanjut ke gim ketiga.

Baca Juga

Memasuki gim penentuan, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas tampil ngegas dengan menyapu 6 poin beruntun. Lee Yang/Yang Ching Tun mencoba membalas namun Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas terlalu tangguh.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas akhirnya mampu keluar sebagai pemenang di babak rubber game dengan keunggulan telak 21-8.


2. Rinov/Pitha Bisa Catat Rekor Langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Foto: PBSI

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, berpotensi mencatat rekor langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Hal ini menarik perhatian komentator Oma Gill. Sebagaimana diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan dihelat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, pada 22-28 Agustus.

Indonesia mengandalkan tiga dua pasangan di sektor ganda campuran, yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Rinov/Pitha yang berstatus unggulan ke-13 mendapat bye di babak 64 besar. Namun, mereka berpotensi jumpa pasangan China, Huang Yilyu/Huang Dongping di babak 16 besar.

Rinov/Pitha yang memenangkan medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2017 di Yogyakarta, rupanya berpotensi mencatat rekor langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca selengkapnya: Disorot Oma Gill, Rinov/Pitha Bisa Catat Rekor Langka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

BulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini