x

Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Mohammad Ahsan Kena Headshot, Fajar/Rian 'Digeprek' Netizen

Sabtu, 27 Agustus 2022 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto, jadi sasaran netizen usai tidak sengaja smash-nya mengenai kepala Mohammad Ahsan. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Rian Ardianto, jadi sasaran netizen usai tidak sengaja smash-nya mengenai kepala Mohammad Ahsan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Sabtu (27/09/22) pagi WIB, babak semifinal menyajikan duel sesama ganda putra Indonesia, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Baca Juga

Ahsan/Hendra, yang masing-masing sudah menginjak usia senja 35 dan 38 tahun, nyatanya masih mampu menunjukkan mental juara dunianya di hadapan Fajar/Rian.

Fajar/Rian sendiri terlihat sangat on fire sejak awal set pertama. Dominasi serangan membuat Fajar/Rian beberapa kali mampu mengungguli Ahsan/Hendra.

Sayangnya, Fajar/Rian harus rela menyerahkan tiket final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 kepada pasangan veteran Indonesia setelah kalah di permainan rubber set dengan skor 23-21, 12-21, dan 21-16.

Baca Juga

Di tengah panasnya pertandingan All Indonesia Semifinal tersebut, terjadi momen ketika Mohammad Ahsan terkenad pukulan headshot keras dari Muhammad Rian Ardianto.

Momen ini terjadi di set ketiga saat kedudukan 2-5 untuk keunggulan Daddies. Diawali dengan service flick dari Mohammad Ahsan, Rian menyambar kok dengan sebuah jump smash menukik.

Pukulan itu rupanya membuat kok langsung menghujam kepala Ahsan yang sedang dalam posisi menunduk di depan net untuk memberi ruang Hendra menyambut kok.

Baca Juga

Sayangnya, kok hasil jump smash Rian yang mengenai kepala Ahsan gagal dikembalikan Hendra. Satu poin tambahan diberikan untuk Fajar/Rian membuat kedudukan 3-5.

Mohammad Ahsan sendiri terlihat memegangi kepalanya guna memastikan tidak ada cedera akibat headshot keras dari Rian.


1. Fajar/Rian Jadi Sasaran 'Amukan' Netizen Gegara Headshot Kenai Ahsan

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Kejadian ini tak luput dari perhatian netizen. Komentar-komentar kocak pun bertebaran di Twitter yang menganggap Fajar/ Rian telah bersikap ‘durhaka’ karena tega melakukan headshot ke Ahsan.

‘Durhaka’ yang dimaksud ini netizen di sini lantaran Ahsan berusia lebih tua dari Rian dan dianggap ganda putra paling senior bersama Hendra Setiawan di Pelatnas PP PBSI.

Baca Juga

Kalah dari Daddies, Fajar/Rian yang sudah mencapai 7 final dalam 11 turnamen musim 2022 ini memastikan mengamankan medali perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Ini merupakan medali perunggu kedua yang berhasil diraih Fajar/Rian, setelah yang pertama mereka raih di edisi Basel, 2019 silam.

Baca Juga

Sementara itu, Hendra/Ahsan mencapai final keempatnya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Sebelunya, mereka juga maju di partai puncak pada 2013, 2015, dan 2019.

Itu berarti, semenjak menjadi pasangan, Ahsan/Hendra tak tersentuh kekalahan di Kejuaraan Dunia Bulutanngkis, dengan memenangkan pertandingan 19 kali.

Baca Juga

Jika Ahsan/Hendra mampu menjadi juara di edisi Tokyo 2022, mereka berpeluang menyamai rekor ganda China, Chai Yun/Fu Haifeng yang memegang gelar terbanyak (sebanyak 4 gelar juara).


2. Hasil Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Fajar/Rian yang langsung onfire di set pertama langsung meninggalkan The Daddies di angka 14-17. Namun, Ahsan/Hendra yang mulai panas bisa mengimbangi Fajar/Rian di angka 18-18.

Ketenangan Ahsan/Hendra tak diragukan. Mereka berbalik unggul 21-10, hingga memenangkan 3 kali deuce menjadi 23-21 atas Fajar/Rian di game pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Pada set kedua, Fajar/Rian memanfaatkan kesalahan sendiri atau unforced error yang kerap dilakukan The Daddies, entah bola yang keluar lapangan atau menyangkut net.

Alhasil, Fajar/Rian dengan cepat memastikan keunggulan telak 4-11 di interval kedua sekaligus menguncai kemenangan 12-21 di gim kedua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Lanjut di set ketiga, Ahsan/Hendra mampu mendominasi permainan sejak awal. Bahkan di interval game ketiga, Ahsan/Hendra sanggup unggul separuh angka 11-6 atas Fajar/Rian.

Di sisi lain, Fajar/Rian tak mau menyerang dengan tetap menunjukkan kualitasnya, yang membuat rally panjang berkualitas kerap terjadi.

Fajar/Rian sempat menyusul beberapa kali. Namun ganasnya permainan Ahsan/Hendra, membuat pasangan veteran Indonesia, Ahsan/Hendra meraih kemenangan meyakinkan 21-16 di game ketiga semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Baca selengkapnya: Hasil Kejuaraan Dunia Bulutangkis: On Fire Bersama, The Daddies Pupus Mimpi Fajar/Rian ke Final

Mohammad AhsanFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini