x

Vietnam Open 2022: Pemain Naturalisasi Jepang Dikandaskan Ruselli Hartawan

Rabu, 28 September 2022 22:39 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis asal Jepang yang dinaturalisasi jadi WNI, Fuyu Iwasaki, tersingkir lebih awal di Vietnam Open 2022 usai kalah dari kompatriotnya, Ruselli Hartawan.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis asal Jepang yang dinaturalisasi jadi WNI, Fuyu Iwasaki, tersingkir lebih awal di Vietnam Open 2022 usai kalah dari kompatriotnya, Ruselli Hartawan.

Bertanding di Hochiminh pada Rabu (28/09/22), Fuyu Iwasaki harus kalah dalam bentrokan sesama wakil Indonesia, Ruselli Hartawan, di babak pertama.

Baca Juga

Menghadapi unggulan keempat,  Fuyu Iwasaki harus menyerah kalah dalam dua game langsung 16-21 dan 15-21 selama 22 menit.

Pertandingan sengit tersebut menjadi pertemuan perdana Fuyu Iwasaki vs Ruselli Hartawan sepanjang dalam turnamen internasional.

Meski harus kalah dari sesama wakil Indonesia, sesungguhnya profil Fuyu Iwasaki sangat menarik perhatian netizen dalam kiprahnya di Vietnam Open 2022.

Baca Juga

Hal itu karena dia adalah pebulutangkis Jepang yang memutuskan naturalisasi menjadi WNI pada 2019. Dia mengikuti status kewarnegaraan sang ibu. Saat ini dia berada di bawah naungan klub bulutangkis Jaya Raya.

Fuyu Iwasaki yang berasal dari Jepang sebagai negara kuat bulutangkis, terkhusus sektor tunggal, seolah mendatangkan ‘sinar’ harapan bagi Indonesia yang sedang berusaha mencari penerus Susi Susanti.

Apalagi dengan pengalamannya yang pernah membela Gifu Tricky Panders, klub yang menaungi ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Baca Juga

Meski kalah dari Ruselli Hartawan, Fuyu Iwasaki masih punya peluang lebar untuk mempersembahkan gelar bagi Indonesia di Vietnam Open 2022.

Hal itu lantaran Fuyu Iwasaki juga terjun di sektor ganda putri di Vietnam Open 2022, di mana dia berpasangan dengan Dhea Bunga Anjani.


1. Harapan Fuyu iwasaki di Sektor Ganda

Meskipun kandas untuk meraih juara sektor tunggal, pebuiutangkis asal Jepang, Fuyu Iwasaki punya kans untuk merebut juara di sektor ganda putri Vietnam Open 2022.

Meskipun kandas untuk meraih juara sektor tunggal, pebuiutangkis asal Jepang, Fuyu Iwasaki punya kans untuk merebut juara di sektor ganda putri Vietnam Open 2022.

Berpasangan dengan Dhea Bunga Anjani, pada Rabu (28/09/22), Fuyu iwasaki mampu melewati rintangan di babak pertama.

Baca Juga

Pada babak pertama Vietnam Open 2022, duet Dhea Bunga Anjani/Fuyu Iwasaki sukses menumbangkan ganda putri tuan rumah, Thi Puong Hong Dinh/Pham Thi Khanh, 22-20 dan 21-12.

Selain Fuyu Iwasaki dan Dhea Bunga Anjani, Indonesia mengirimkan tiga pebulutangkis tunggal putri lainnya ke turnamen Vietnam Open 2022 Super 100 di Ho Chi Minh City.

Mereka adalah Ruselli Hartawan, Yulia Yosephine, dan Putri Kusuma Wardani yang baru saja tampil debut di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang dihelat di Jepang.

Baca Juga

Selain di sektor tunggal putri,  secara keseluruhan, Indonesia mengirimkan 17 wakil di turnamen bulutangkis Vietnam Open 2022 ini. 

Termasuk yang paling menarik adalah para pasangan baru di sektor ganda, yaitu Mohammad Reza Pahlevi Isfahani/Melati Daeva Oktavianti dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

Melati sebelumnya berpasangan dengan Praveen Jordan, namun harus cerai sementara karena Praveen masih pemulihan pasca operasi cedera pinggang.

Baca Juga

Sementara Ribka Sugiarto sebelumnya berpasangan dengan Febby Valencia, dan Lanny Tria Mayasari sebelumnya duet dengan Nita Violina Marwah.

Vietnam Open 2022 menjadi debut pertama bagi pasangan ganda putri racikan baru PBSI, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.


2. Jadwal Vietnam Open 2022 Hari Ini

Ada Fuyu Iwasaki, Jadwal Vietnam Open 2022 Hari Ini, Rabu (28/09/22).

Sebanyak 9 wakil Indonesia bakal mengawali perjuangannya di babak pertama ajang BWF Level Super 100 Vietnam Open 2022, Rabu (28/09/22).

Seperti Tommy Sugiarto melawan wakil India, S. Sankar Muthusamy. Lalu ada adalah Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Hardianto sebagai ganda putra unggulan keenam, yang akan menghadapi Minh Bao/Bao Duc Duong.

Kemudian Indonesia juga akan menurunkan pemain naturalisasinya yakni Fuyu Iwasaki asal Jepang yang memang sudah menjalani program naturalisasi sejak tahun 2019 lalu.

Dilansir dari Badminton Japan, Fuyu Iwasaki adalah mantan pemain muda dari klub Gifu Tricky Panders, klub yang menaungi ganda Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Baca selengkapnya: Jadwal Vietnam Open 2022 Hari Ini: Pemain Naturalisasi Unjuk Gigi, 9 Wakil Indonesia Tampil

JepangRuselli HartawanBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini