x

Daftar Pebulu Tangkis dengan Gelar Terbanyak di Tahun 2022, Fajar/Rian Harumkan Indonesia

Selasa, 8 November 2022 14:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut adalah daftar pebulu tangkis dengan koleksi gelar terbanyak di tahun 2022, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di urutan keempat. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah daftar pebulu tangkis dengan koleksi gelar terbanyak di tahun 2022. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di urutan keempat.

Sebagaimana diketahui, turnamen major bulutangkis di tahun 2022 sudah hampir habis. Kini tersisa BWF World Tour Finals bagi para pemilik ranking terbanyak saja.

Baca Juga

Menarik untuk mengulik siapa saja para pebulu tangkis yang bisa mengoleksi gelar terbanyak di sepanjang tahun 2022 ini.

Mereka tentu saja adalah pemain hebat yang bisa bangkit setelah turnamen vakum cukup lama di era pandemi Covid-19 lalu.

Berikut INDOSPORT merangkum profil dan capaian para pebulu tangkis dengan gelar terbanyak tahun ini. Apakah ada pemain favoritmu?

Baca Juga

1. Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Pasangan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong menjadi salah satu tembok kokoh yang sulit ditembus lawan.

Zheng/Huang berhasil mengoleksi delapan gelar juara di sepanjang tahun 2022. Salah satu rekor menakjubkan yang mereka raih adalah lima gelar di Asia Tenggara.

Setelah menjuarai Thailand Open, Zheng Siwei/Huang Yaqiong begitu perkasa saat bertanding di Indonesia dan Malaysia, seolah sedang di rumah mereka sendiri.

Baca Juga

Zheng/Huang berhasil menjuarai Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, dan Malaysia Masters berturut-turut.

Teranyar, Zheng/Huang juga menjuarai dua turnamen Eropa, Denmark Open dan French Open Super 750. Rekor yang menakjubkan.


1. 2. Viktor Axelsen

Pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen juara sektor tunggal putra Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Nyaris seluruh turnamen yang diikuti Viktor Axelsen tahun ini, diganjar dengan medali emas. Namun, tak jarang ia juga mundur karena kelelahan, sehingga perolehan gelarnya kalah dari Zheng/Huang.

Tahun ini, hanya ada dua pebulu tangkis yang bisa mengalahkan Viktor Axelsen dalam pertandingan, mereka adalah Lakshya Sen dan Loh Kean Yew.

Baca Juga

Lakshya Sen mampu menjegal Axelsen di semifinal German Open 2022, bulan Maret lalu, dan Loh Kean Yew menaklukkannya di perempat final Denmark Open, Oktober ini.

Nyaris tujuh bulan terakhir, Viktor Axelsen tak terkalahkan. Tak salah jika penggemar bulutangkis menjulukinya sebagai Alien.

3. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan

Walau tidak terlalu aktif mengikuti turnamen selama pandemi Covid-19, pebulu tangkis China memang punya kualitas berbeda. 

Baca Juga

Dari sektor ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan juga nyaris tak terkalahkan. Lima titel juara berhasil mereka bawa pulang tahun ini.

Beberapa kekalahan Chen/Jia tahun ini justru dijegal oleh pebulu tangkis Korea. Wakil Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia juga pernah mengalahkan pasangan China.

4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ada di urutan keempat dalam perolehan gelar terbanyak di sepanjang tahun 2022.

Baca Juga

Fajar/Rian mengoleksi empat gelar, sama dengan He Bing Jiao, pebulu tangkis putri China yang juga mengantongi empat trofi.

Fajar/Rian beberapa kali menjadi runner-up. Hal ini menandakan mereka masih belum konsisten, perlu belajar dari Marcus/Kevin yang nyaris menyikat habis turnamen di tahun 2019 dengan ganjaran medali emas.


2. Top 10 Peraih Gelar Terbanyak di Tahun 2022

Ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

1. Zheng Siwei/Huang Yaqiong (8 gelar)
2. Viktor Axelsen (6 gelar)
3. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (5 gelar)
4. Fajar Alfian/M. Rian Ardianto (4 gelar)
5. He Bing Jiao (4 gelar)
6. Pusarla Shindu (3 gelar)
7. D. Puavaranukroh/S. Taerattanachai (3 gelar)
8. Akane Yamaguchi (3 gelar)
9. Nami Matsuyama/Chiharu Shida (3 gelar)
10. Tai Tzu Ying (3 gelar)

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoViktor AxelsenIn Depth SportsTRIVIABulutangkisZheng Siwei/Huang YaqiongBerita BulutangkisChen Qingchen/Jia Yifan

Berita Terkini