x

3 Pasangan Ganda Campuran Tersukses di 2022: Nomor 1 dari Klub PB Djarum!

Kamis, 15 Desember 2022 17:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Sektor ganda campuran bulutangkisIndonesia setidaknya memiliki tiga pasangan yang mampu tampil mengejutkan di sepanjang 2022. Salah satunya dari klub PB Djarum. Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Sektor ganda campuran bulutangkis Indonesia setidaknya memiliki tiga pasangan yang mampu tampil mengejutkan di sepanjang 2022. Salah satunya dari klub PB Djarum, siapa dia?

Sektor ganda campuran di kancah bulutangkis Indonesia sepanjang tahun ini mengalami performa yang naik turun, terlebih dengan absennya nomor  6 dunia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Absennya pasangan PB Djarum tersebut diketahui karena Praveen Jordan mengalami cedera hingga harus naik meja operasi dan menepi selama hampir 6 bulan terakhir.

Meski tanpa pasangan top dunia, namun ganda campuran Indonesia tetap mampu memberi ancaman dunia lewat sejumlah pasangan lain.

Dari sejumlah pasangan yang bertanding musim ini, terdapat tiga pasangan yang menunjukkan konsistensi dan daya juang tinggi untuk menembus ranking top dunia.

Baca Juga

1. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil memberikan penampilan yang cukup impresif sepanjang tahun 2022.

Ini menjadi tahun pertama mereka dipasangkan sejak Januari 2022 setelah Gloria Emanuelle terdepak dari Pelatnas PBSI.

Baca Juga

Debut Dejan/Gloria langsung terjadi di turnamen BWF World tour Super 1000 All England 2022. Mereka juga sempat menjajal kemampuan di Swiss Open dan Thailand Open namun kandas lebih cepat.

Alhasil, Dejan/Gloria memutuskan mengadu nasib di turnamen level Challenge dan Series untuk mengatrol peringkatnya menembus 100 besar. Keputusan itu berbuah hasil manis.

Pasangan PB Djarum ini mampu menyabet empat gelar juara beruntun di Denmark Masters, Indonesia International Series, Vietnam Open Super 100 dan Malang Indonesia International Challenge 2022.

Baca Juga

Pencapaian ini membuat posisi Dejan/Gloria melesat pada klasemen peringkat dunia BWF. Dari awalnya berada di luar 100 besar kini mereka nangkring di peringkat 26  dunia.

Tentunya, Dejan/Gloria digadang-gadang bakal menjadi pasangan ganda campuran non Pelatnas PBSI yang menjanjikan untuk menantang tahun depan.

Pembuktian mereka tersebut akan dimulai saat mereka menjalani debut di turnamen Super 1000 di Malaysia Open 2023 pada Januari mendatang.

Baca Juga

1. 2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Pasangan ganda putri Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di podium juara Hylo Open 2022. (Foto: PBSI)

Dengan didepaknya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dari pelatnas awal tahun 2022, PBSI mengandalkan dua pasangan ganda campuran muda untuk mentas di panggung international BWF.

Salah satu andalan PBSI tahun ini adalah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Pasangan ini digadang-gadang layak jadi the next Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, sang peraih medali emas Olimpiade Rio 2016.

Setelah menjadi finalis Orleans Masters 2022, Vietnam Open 2022, hingga lolos ke semifinal French Open Super 750, dan kini Rehan/Lisa menjuarai Hylo Open 2022.

Baca Juga

Atlet badminton asal Indonesia itu menggapai gelar juara Hylo Open usai mengalahkan bintang badminton China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, dengan skor 21-17, 21-15.

Ini merupakan gelar perdana mereka di tahun ini, sekaligus menjadi gelar Super 300 pertama mereka. Selain itu, Rehan/Lisa mencetak sejarah sebagai ganda campuran pertama dari Indonesia yang naik podium juara Hylo Open.

Konsistensi performa membuat Rehan/Lisa naik posisinya di ranking dunia BWF. Saat ini mereka menduduki peringkat 19 dunia, naik drastis dari posisi sebelumnya di awal tahun.

Baca Juga

2. 3. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di BWF World Tour Finals 2022. (Foto: PBSI)

Sejak meraih emas Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis pada 2017 lalu, prestasi Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sempat mengalami naik turun.

Mereka bisa meraih gelar juara turnamen super 100, Indonesia Masters 2018. Namun baru tiga tahun kemudian, Rinov/Pitha bisa kembali naik podium juara di Spain Masters di turnamen Super 300.

Beda dari tahun-tahun sebelumnya, laju Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang meyakinkan tahun ini menunjukkan kapasita mereka sebagai calon ganda campuran terbaik di Indonesia.

Mereka bisa menembus semifinal turnamen bulutangkis super 500, Malaysia Masters 2022.

Baca Juga

Bahkan puncaknya, tampil sebagai kuda hitam, Rinov/Pitha bisa menembus babak empat besar BWF World Tour Finals 202

Lonjakan performa ini mengantarkan Rinov/Pitha yang awalnya menduduki peringkat 22 dunia per Maret 2022 naik posisinya ke peringkat 13 dunia dalam kurun waktu sembilan bulan.

Jika Rinov/Pitha mampu mempertahankan konsistensi dan daya juang mereka tahun depan, bukan tidak mungkin mereka bakal menjadi ganda campuran terbaik di Indonesia dalam waktu singkat.

Baca Juga
PB DjarumPraveen Jordan/Melati DaevaBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiDejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja

Berita Terkini