x

Diari Serena Williams Sepanjang 2022: Suram di Lapangan, Cemerlang di Luar

Jumat, 16 Desember 2022 12:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat sepak terjang Serena Williams sepanjang tahun 2022. Foto: REUTERS/Danielle Parhizkaran.

INDOSPORT.COM - Tahun 2022 nampaknya jadi salah salah satu titik penting dalam perjalanan karier Serena Williams.

Pada tahun inilah, ia menyampaikan ‘selamat tinggal’ kepada dunia tenis yang sudah membesarkan namanya dan lebih fokus dengan kehidupannya di luar lapangan.

Untuk diingat kembali, petenis Amerika Serikat berusia 41 tahun ini memang berpamitan kepada publik jelang gelaran US Open 2022 yang digelar beberapa waktu lalu. 

Akan tetapi, sebelum sampai ke sana, mari melihat kilas balik sang petenis sejak awal tahun hingga penghujung 2022 pada bulan Desember ini. Hal-hal apa saja yang sudah ia lalui?

Tidak Bicara Banyak

Sering bertambahnya usia dan kondisi tubuh yang tidak fit Serena Williams terbilang sudah sangat jarang terlibat di turnamen-turnamen besar tahun ini.

Baca Juga

Bahkan saat awal tahun, ia sudah harus mundur dari turnamen Grand Slam pertama, Australian Open 2022. Ia memilih menarik diri dari ajang prestisius itu atas pertimbangan dan saran dari tim medisnya.

Saat memberi penjelasan terkait penarikan diri tersebut, Serena Williams mengaku keputusan yang diambilnya itu benar-benar tidak mudah.

Baca Juga

"Melbourne adalah salah satu kota yang paling saya sukai untuk dikunjungi dan saya selalu menanti momen-momen bermain di AO setiap tahun,” ujarnya seperti pernah diwartakan usta.com.

Cedera memang jadi batu sandungan utama Serena Williams tidak hanya pada 2022, tetapi juga 2021 ketika ia harus menepi hingga bulan Mei karena kondisi lututnya.

Kondisi itu pun berlanjut hingga 2022, diawali dengan Australian Open hingga turnamen-turnamen berikutnya.

Baca Juga

1. Comeback dan Hasil Buruk di Wimbledon

Melihat sepak terjang Serena Williams sepanjang tahun 2022. Foto: REUTERS/Danielle Parhizkaran.

Comeback

Setelah absen di turnamen-turnamen paruh pertama 2022, Serena Williams akhirnya comeback di Eastbourne International yang digelar pada bulan Juni.

Absen selama kurang lebih satu tahun, istri Alexis Ohanian tersebut kembali ke lapangan untuk nomor ganda dan berpasangan dengan Ons Jabeur.

Mereka mendapat wildcard untuk tampil di putaran utama bersama Harriet Dart/Heather Watson (United Kingdom).

Namun sayang, perjuangan Ons Jabeur/Serena Williams harus terhenti di semifinal usai memutuskan walkout dari turnamen.

Dengan demikian, tiket ke partai puncak pun jatuh ke tangan Aleksandra Krunic/Magda Linette - yang kemudian tampil sebagai juara setelah mendapat ‘hadiah’ walkout lagi dari lawannya di final.

Baca Juga

Wimbledon yang Mengejutkan

Sudah lama tidak tampil di level Grand Slam, Serena Williams kembali ke Wimbledon 2022 satu tahun setelah ia mengalami cedera di edisi sebelumnya.

Namun mengejutkan, ia langsung tersingkir di putaran pertama oleh petenis Prancis, Harmony Tan, di nomor women’s singles.

Baca Juga

Padahal, Harmony Tan saat itu adalah petenis pendatang baru yang berada di peringkat 115 dunia dan masih berusia 24 tahun.

Kekalahan itu pun sempat membuat publik tercengang lantaran Serena Williams adalah juara tujuh kali Wimbledon, yang kemudian takluk di tangan petenis nonunggulan di edisi 2022.

Sepak terjang Serena Williams setelah Wimbledon 2022 pun tidak menunjukkan sinyal-sinyal menuju kebangkitan.

Baca Juga

2. Gagal di Wimbledon hingga Mengaku Ingin Mundur

Melihat sepak terjang Serena Williams sepanjang tahun 2022. Foto: REUTERS/Danielle Parhizkaran.

Setelah Wimbledon 2022

Serena Williams pun melanjutkan perjuangannya pada paruh kedua 2022 dengan berpartisipasi di Canadian Open dan Cincinnati Masters.

Keduanya sama-sama tidak membuahkan hasil maksimal.

Di Canadian Open, ia hanya bisa bertahan sampai 32 besar, sedangkan di Cincinnati Masters ia malah tersingkir di 64 besar oleh petenis muda yang belakangan sedang naik daun, Emma Raducanu.

US Open

Di gelaran US Open 2022, Serena Williams ternyata juga tidak dapat bicara banyak baik di nomor tunggal maupun ganda.

Ia tersingkir cukup cepat di putaran ketiga dari Ajla Tomljanovic dan angkat kaki di putaran pertama ganda meski sudah berpasangan dengan saudarinya sendiri, Venus Williams.

Baca Juga

‘Mundur' dari Tenis

Tahun 2022 ini, Serena Williams sempat membuat pengakuan yang menggegerkan publik tenis - kalau ia akan mundur dari dunia tenis.

Hanya saja, ketika banyak orang yang mengira pengakuan tersebut sebagai pengakuan pensiun, sang petenis malah membantahnya.

Baca Juga

“Saya tidak pensiun,” ujarnya dalam sebuah kesempatan, seperti diwartakan NBC News pada Oktober 2022.

Dalam laporan yang sama, ia bahkan mengundang para awak media untuk datang ke rumahnya dan melihat ada lapangan tenis di sana. Ya, Serena Williams belum ingin berhenti bermain tenis.

Kini, Serena Williams pun tengah disibukkan dengan kegiatan-kegiatannya di luar tenis, seperti bisnis, mengurus keluarga kecilnya.

Ia juga aktif mempromosikan berbagai produk termasuk miliknya sendiri, Serena dan WILL PERFORM. Bisa dibilang, Serena Williams tahun ini lebih sukses di lini bisnisnya ketimbang di lapangan tenis.

Baca Juga

Sumber: usta.com, NBC News

Serena WilliamsWimbledonTenisUS OpenBerita TenisAustralian Open 2022

Berita Terkini