x

Indonesia Masters 2023: Ganda Putra Digdaya, Fajar/Rian Bisa Pertahankan Gelar?

Minggu, 22 Januari 2023 11:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di India Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hajatan bulutangkis Indonesia Masters 2023 menjadi jalan bagi Fajar Alfian/Rian Ardianto mempertahankan kejayaan ganda putra.

Indonesia Masters menjadi kompetisi yang cenderung tak ramah bagi pemain di sektor ganda putra, mengingat tuan rumah nyaris menguasai sektor ini di seluruh gelaran kompetisi.

Dalam penyelenggaraan yang nyaris mencapai edisi ke-13, Indonesia menguasai sektor ganda putra Indonesia Masters, termasuk hingga kompetisi tahun 2022.

Fajar Alfian/Rian Ardianto yang menjadi peraih gelar Indonesia Masters 2022 dan akan coba mempertahankannya tahun ini.

Hanya saja, patut ditelisik bagaimana potensi kontingen Indonesia untuk meraih gelar ketika menjadi tuan rumah, terutama di sektor ganda putra.

Baca Juga

Menurut catatan Wikipedia, sejak pertama kali digelar pada 2010, sektor ganda putra hanya dua kali diraih oleh negara lain.

Dimulai pada 2010, duet Mohammad Ahsan/Bona Septano menjadi pemain pertama yang mendapatkan gelar di Indonesia Masters.

Baca Juga

Selain Ahsan/Bona, kala itu tunggal putra juga ikut berjaya dengan melahap empat gelar juara beruntun mulai Taufik Hidayat di Indonesia Masters 2010.

Hanya saja, pemain asal Korea Selatan, Kim Gi-jung/Kim Sa-rang menjadi pemutus pertama gelar Indonesia di sektor ganda putra.

Berikutnya, duet Angga Pratama/Rian Agung Saputro menjadi pembuka gelar di ajang Indonesia Masters hingga 2016.

Baca Juga

1. Perjalanan Ganda Putra di Indonesia Masters

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di India Open 2023. (Foto: PBSI)

Menariknya, sebelum duet Minions, Markus Fernaldo Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo terbentuk, kedua pemain ini meraih gelar Indonesia Masters dengan pasangan berbeda.

Marcus Fernaldi Gideon lebih dulu mendapatkan gelar Indonesia Masters 2014 yang kala itu berada di level grand prix gold bersama dengan Markis Kido.

Dua tahun kemudian, barulah Kevin Sanjaya Sukamuljo yang mendapatkan gelar Indonesia Masters pertamanya di tahun 2016 bersama dengan Wahyu Nayaka.

Selepas Indonesia Masters berubah menjadi super 500, barulah kejayaan Markus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dimulai dengan mendapat tiga gelar beruntun di 2018-2020.

Hanya saja, selepas duo Minions mendapatkan gelar tiga tahun beruntun, giliran pemain asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang memenangkan Indonesia Masters 2021.

Baca Juga

Tentu saja, kompetisi Indonesia Masters 2022 menjadi milik Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mampu mengalahkan pemain China. Liang Weikeng/Wang Chang dengan dua gim langsung.

Hanya saja, kompetisi Indonesia Masters 2023 akan menjadi misteri mengingat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berpotensi mempertahankan gelar.

Baca Juga

Apalagi, performa mereka di dua kompetisi perdana, Malaysia Open 2023 dan India Open 2023 cukup bagus.

Fajar/Rian setidaknya mampu mencapai babak semifinal yang kemudian membuat mereka mendapatkan satu gelar di Malaysia Open 2023.

Tentu saja, Indonesia Masters 2023 akan jadi ajang bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk mempertahankan gelar dan menambah poin mereka sebagai peringkat satu dunia untuk sektor ganda putra.

Baca Juga
Fajar AlfianBulutangkisBerita BulutangkisMuhammad Rian ArdiantoIndonesia Masters 2023

Berita Terkini