x

Termasuk Fitriani, Hanya 3 Wakil Indonesia yang Pernah Juara Thailand Masters

Selasa, 31 Januari 2023 10:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Fitriani saat menjadi juara tunggal putri di Thailand Masters 2019.

INDOSPORT.COM - Termasuk Fitriani, hanya tiga wakil Indonesia yang pernah menjuarai turnamen bulutangkis Thailand Masters.

Thailand Masters merupakan turnamen BWF level Super 300 yang pertama kali dihelat di tahun 2016, tetapi pada tahun 2021 dan 2022, ajang ini batal digelar.

Kini, Thailand Masters 2023 kembali mewarnai perjuangan para pebulutangkis dunia. Ajang ini digelar mulai 31 Januari hingga 5 Februari di Nimibutr Stadium.

Meski tergolong level menengah, namun tak banyak wakil Indonesia yang bisa menjuarai ajang Thailand Masters. Hingga kini baru tercatat ada tiga wakil yang bisa juara.

Lantas, siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum tiga pemain Indonesia yang pernah menjuarai ajang Thailand Masters.

Baca Juga

1. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Pada edisi perdana Thailand Masters 2016, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan langsung menegaskan jika mereka adalah sang penguasa sektor ganda putra.

Kala itu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjuarai Thailand Masters 2016, dengan mengalahkan pasangan Korea di final, yakni Kim Gi-jung, Kim Sa-rang.

Baca Juga

Sejatinya, ajang ini juga diikuti oleh pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Namun, mereka harus terhenti di babak kedua oleh wakil China.

Menariknya, meski sudah beberapa tahun berlalu, Ahsan/Hendra tetap menjadi salah satu ganda putra terbaik dunia.

Sayangnya, kali ini mereka tidak berpartisipasi di Thailand Masters 2023, karena sudah maraton tiga turnamen, Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters 2023.

Baca Juga

1. 2. Tommy Sugiarto

Tommy Sugiarto berhasil menjuarai Thailand Masters 2017 usai kalahkan pebulutangkis tuan rumah, Kantaphon Wangcharoen.

Tommy Sugiarto merupakan satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang pernah menjuarai Thailand Masters, yakni di edisi 2017 dan 2018, dua kali berturut-turut.

Pada Thailand Masters 2017, Tommy Sugiarto menaklukkan sesama wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di babak semifinal.

Tommy Sugiarto akhirnya keluar sebagai juara setelah ia menaklukkan wakil tuan rumah, Kantaphon Wangcharoen.

Kemudian pada Thailand Masters 2018, Tommy Sugiarto kembali melenggang ke final. Di babak penentu, ia menaklukkan pebulutangkis Malaysia, Leong Jun Hao.

Pada turnamen ini, Anthony Ginting dan Jonatan Christie memang tidak ikut andil, karena sebelumnya juga ikut beberapa turnamen secara maraton.

Baca Juga

3. Fitriani

Kejutan terjadi di Thailand Masters 2019. Wakil tunggal putri Indonesia, Fitriani keluar sebagai juara, dan mengharumkan nama Indonesia di ajang bergengsi tersebut.

Fitriani melenggang sebagai juara Thailand Masters 2019, setelah menaklukkan wakil tuan rumah, Busanan Ongbamrungphan dalam pertarungan dua set saja di final.

Baca Juga

Padahal, saat itu Fitriani bukanlah pemain unggulan. Ia datang bersama tiga wakil Indonesia lainnya, yaitu Ruselli Hartawan, Lyanny Mainaky, dan juga Yulia Yosephine.

Namun, pelan-pelan Fitriani membuktikan bahwa ia layak bersaing, dan menyingkirkan lawan-lawannya. Atlet kelahiran Desember 1998 itu pun akhirnya keluar sebagai juara.

Namun, tak dapat dipungkiri itu juga menjadi gelar terakhir bagi Fitriani saat masih membela Pelatnas. Ia pun akhirnya menjadi pemain profesional per 2021 lalu.

Baca Juga
Tommy SugiartoHendra Setiawan/Mohammad AhsanMohammad Ahsan/Hendra SetiawanFitrianiThailand MastersTRIVIABulutangkisahsan/hendraBerita BulutangkisThailand Masters 2023

Berita Terkini