x

Viktor Axelsen Bukan Lagi Alien, Oma Gill Sebut Tunggal Putra Kian Kompetitif

Senin, 27 Maret 2023 18:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Komentator BWF, Gill Clark, atau yang akrab disapa Oma Gill mengklain sektor tunggal putra bulutangkis saat ini sulit diprediksi.(Foto: Instagram@watakou0123)

INDOSPORT.COM – Komentator BWF, Gill Clark, atau yang akrab disapa Oma Gill mengklain sektor tunggal putra bulutangkis saat ini sulit diprediksi.

Bukan tanpa sebab, dari tujuh turnamen BWF World Tour yang sudah digelar sejak Januari 2023, sudah ada tujuh pemenang tunggal putra berbeda dari tujuh negara berbeda.

Menariknya, empat gelar juara di antaranya berhasil dimenangkan oleh empat pemain non-unggulan dalam empat turnamen World Tour terakhir.

"Pemenang Swiss Open Koki Watanabe menjadi pemenang MS berbeda ke-7 dari negara berbeda ke-7 pada event HSBC BWF World Tour ke-7 2023 dan pemenang MS non-unggulan ke-4 berturut-turut dalam 4 acara WT terakhir. Apakah MS memasuki era ketidakpastian?" tulis Oma Gill. 

Terbaru, pebulutangkis asal Jepang, Koki Watanabe, yang menjadi juara di ajang Swiss Open 2023 pekan lalu setelah melalui jalur kualifikasi.

Baca Juga

Keluarnya Koki Watanabe sebagai kampiun Swiss Open memang tidak disangka-sangka. Datang dari jalur kualifikasi, Koki Watanabe mampu menyingkirkan sederet pemain unggulan.

Sebut saja Sitthikom Thammasin (Thailand), Toma Popov (Prancis), Lee Cheuk-yiu (Hong Kong), Lee Zii Jia (Malaysia), hingga Chou Tien Chen.

Koki Watanabe sukses menjuarai Swiss Open 2023 usai membantai Chou Tien Chen di final pada Minggu (27/03/23). Koki Watanabe menang dengan skor 22-20, 18-21, 21-12.

Baca Juga

Dengan Koki Watanabe keluar sebagai juara Swiss Open 2023, daftar pemenang baru di sektor tunggal putra pun semakin memanjang dalam tujuh turnamen terakhir.

Li Shi Feng dari China menjadi juara di ajang All England, sementara gelar di German Open 2023 berhasil dimenangi Ng Ka Long Angus dari Hong Kong.

Lin Chun Yi dari Chinese Taipei secara mengejutkan juga melahirkan jawara baru, yakni Lin Chun Yi usai menaklukkan Ng Ka Long Angus di partai final dengan 21-17, 21-14.

Baca Juga

1. Hanya 3 Pemain Unggulan yang Jadi Jawara

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Sejauh ini, hanya ada tiga pemain unggulan yang mampu memenangi gelar juara di tiga turnamen pertama musim ini Indonesia Masters 2023 dijuarai wakil tuan rumah sekaligus unggulan kedua, Jonatan Christie.

Ajang India Open 2023 dimenangi oleh Kunlavut Vitisarn yang secara mengejutkan mampu menjungkalkan sang raja bulutangkis, Viktor Axelsen.

Viktor Axelsen, tunggal putra no.1 dunia dari  Denmark tersebut sejauh ini baru berhasil memenangkan satu gelar juara yakni Malaysia Open 2023.

Viktor Axelsen diketahui baru mengikuti empat turnamen musim ini. Setelah menang di Malaysia Open, Axelsen hanya mammpu jadi runner-up di India Open.

Baca Juga

Sementara di ajang All England, Axelsen secara mengejutkan kandas di babak 16 besar. Sedangkan di Swiss Open, dirinya sempat mampu melaju hingga babak semifinal.

Pencapaian Viktor Axelsen tersebut sangat berbeda jauh dari apa yang dia torehkan di sepanjang 2022. Dia menjelma sebagai ‘alien’ setelah merebut enam gelar dan hanya tiga kali menelan kekalahan dari 55 pertandingan

Baca Juga

Gelar juara di sektor tunggal putra kemungkinan masih akan terus sulit diprediksi saat BWF menggelar dua turnamen tersisa dalam tur Eropa musim ini.

Setelah Swiss Open 2022, BWF akan melangsungkan ajang Madrid Spain Masters (28 Maret-2 April) dan Orleans Masters (4-9 April), di mana Viktor Axelsen dipastikan tidak ambil bagian.

Baca Juga
Viktor AxelsenBulutangkisBerita BulutangkisGillian ClarkSwiss OpenKoki Watanabe

Berita Terkini