Lahm: Saat yang Pas untuk Pensiun

Jumat, 18 Juli 2014 21:43 WIB
Penulis: Joko Sedayu | Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Philipp Lahm mencatat sejarah sebagai kapten timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia Brasil 2014. Agar namanya selalu harum, bek Bayern Muenchen itu memutuskan gantung sepatu setelah mencatat prestasi membanggakan untuk negaranya.

Lahm menjadi kapten timnas Jerman saat mengalahkan Argentina 1-0 pada final Piala Dunia Brasil 2014 di Stadion Maracana, Minggu waktu Rio de Janeiro atau Senin (14/07/14) WIB. Gol semata wayang Jerman dibukukan oleh Mario Goetze pada babak perpanjangan waktu.

Menurut Lahm, keputusannya untuk pensiun telah dipertimbangkan sejak akhir musim lalu. Dan menurutnya, keputusan pensiun pada saat berada dalam puncak karier di level internasional adalah waktu yang tepat.

"Ini merupakan waktu yang tepat untuk pensiun. Saya sudah bilang kepada Joachim Loew pada Senin lalu, bahwa saya akan pensiun. Keputusan ini datang sepanjang musim lalu," kata Lahm seperti dikutip Sports Mole.

Selain itu, Lahm juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Federasi Sepakbola Jerman (DFB), Wolfgang Niersbach. Selama bermain untuk Jerman, Lahm telah mengemas 113 caps dan lima gol.

"Saya ucapkan terima kasih kepadanya untuk sepuluh tahun yang fantastis dalam bekerja sama. Saya sangat menikmati waktu-waktu bersama timnas Jerman," ungkap bek berusia 30 tahun itu.

Pensiunnya Lahm juga mendapat tanggapan dari rekan setimnya di timnas Jerman, Lukas Podolski. Pemain yang berjuang bersama Lahm sejak Euro Portugal 2004 itu mengungkapkan sangat bangga bisa bermain satu tim bersama Lahm. Selain itu Podolski dan Lahm juga pernah sama-sama bahu membahu di Bayern selama tiga musim.

"Sepuluh tahun di tim nasional dan tiga tahun di Bayern, bersama Philipp. Itu adalah sebuah kebanggaan untuk bisa bermain bersama Anda dalam satu tim," tutur striker Arsenal tersebut.